Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Rp 402 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur 2023

Kompas.com - 15/04/2022, 10:25 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastrukur masih menjadi belanja prioritas APBN 2023. Perkiraan alokasi anggarannya masih ratusan triliun.

Mengutip dari laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pemerintah masih akan mengalokasikan anggaran yang cukup signifikan untuk pembangunan infrastruktur pada 2023.

"Belanja infrastruktur tahun depan akan berkisar antara Rp 367 triliun hingga Rp 402 triliun," ujar ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan pers setelah Sidang Kabinet, Kamis (14/04/2022).

Baca juga: Bangun IKN, Pemerintah Siapkan APBN Rp 30 Triliun Tahun 2023

Program infrastrukturnya seperti perumahan, air minum, pengolahan air limbah, pipa transmisi gas dari Cirebon-Semarang, jaringan irigasi.

Selain itu ada juga infrastruktur konektivitas jalan, jembatan, kereta api, dan bandara, serta infrastruktur di bidang teknologi informasi, seperti satelit dan BTS.

"Kita juga di dalam APBN tahun depan sudah mencadangkan untuk belanja pembangunan untuk ibu kota negara baru yaitu antara Rp 27 triliun hingga Rp 30 triliun," jelasnya.

Sri Mulyani menjelaskan, anggaran tersebut untuk memulai pembangunan infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan, serta berbagai simpul konektivitas yang dilakukan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Jalan Lingkar Brebes-Tegal Jadi Alternatif Mudik Lebaran

 

Selain itu, dana tersebut akan digunakan untuk membangun sarana dan prasarana di bidang pendidikan, kesehatan, ketahanan, dan keamanan.

"Tahun depan, kita akan terus mengendalikan agar biaya belanja operasional pemerintah tetap terjaga secara efisien dan terkendali, sehingga anggaran betul-betul akan dialokasikan lebih kepada belanja-belanja produktif," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com