Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun IKN, Pemerintah Siapkan APBN Rp 30 Triliun Tahun 2023

Kompas.com - 14/04/2022, 17:20 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal menyiapkan dana APBN untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani usai Rapat Terbatas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah dan Pagu Indikatif tahun 2023, Kamis (14/04/2022).

"Kita juga di dalam APBN tahun depan sudah mencadangkan untuk belanja pembangunan Ibu Kota Negara Baru antara Rp 27 hingga Rp 30 triliun," ujarnya dalam keterangan pers disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Urunan dari Masyarakat Jadi Salah Satu Sumber Dana Pembangunan IKN?

Dana tersebut untuk memulai membangun infrastruktur dasar, gedung pemerintah, berbagai simpul konektivitas, serta pembangunan awal di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Ini juga mendukung sarasana prsanana di bdang ketahanan dan keamanan," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyampaikan bahwa pembangunan IKN Nusantara diperkirakan membutuhkan dana lebih dari Rp 460 triliun.

Dana itu nantinya berasal dari berbagai sumber, salah satunya dari APBN.

"Hitungan sementara Rp 466 triliun, itu kurang lebih 19-20 persen itu nanti berasal dari APBN," ujar Jokowi saat berkemah di titik nol IKN Nusantara, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/03/2022).

Baca juga: Status Lahan IKN Nusantara Milik Siapa? Ini Jawaban Menteri ATR/BPN

Selain APBN, dana pembangunan IKN juga bisa berasal dari skema public private partnership (PPP), kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), investasi sektor swasta, BUMN, obligasi publik, dan lainnya.

"Semua bisa dilakukan. Saya kira kita ingin Otorita IKN ini fleksibel dan lincah dan bisa mendapatkan skema-skema pendanaan dari berbagai skema yang ada," imbuh Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com