Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monash University BSD City, Kampus Luar Negeri Pertama di Indonesia Diresmikan

Kompas.com - 14/04/2022, 20:10 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Monash University Indonesia yang terletak di BSD City telah diresmikan pada Kamis (14/04/202), menjadikannya sebagai kampus luar negeri pertama di Indonesia.

Untuk diketahui, Monash University merupakan institusi pendidikan tinggi yang berdiri pada 1958 di Melbourne, Australia.

Perguruan tinggi tersebut tahun ini berhasil menduduki peringkat 55 dunia berdasarkan QS World University Ranking.

Ekspansinya ke Indonesia merupakan langkah Monash untuk melebarkan sayapnya ke tingkat global, setelah membuka kampus di Malaysia, Tiongkok, dan India.

Baca juga: Kian Lengkap, Kawasan Meikarta Punya Tambahan Kampus Baru

Di BSD City, Monash akan berfokus pada pendidikan tingkat Magister (S2) untuk bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation, dan Public Policy & Management.

Pada saat peresmian Monash University Indonesia, Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim mengatakan, momen ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mewujudkan misi Presiden Joko Widodo.

Yakni banyak berkolaborasi dengan institusi global dalam menggali potensi ekonomi, riset, dan kemitraan di institusi pendidikan di Indonesia.

"Menuju global citizenship, keberadaan Monash sebagai universitas luas negeri pertama merupakan jembatan pendidikan dengan dunia internasional. Dengan begitu, bersama kita bisa maju di panggung dunia," ujar Nadiem dalam keterangan pers.

Sementara itu, Presiden dan Wakil Rektor Monash University, Prof. Margaret Gardner AC menyampaikan, kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan baru merupakan visi Monash University dan pemerintah Indonesia.

Pihaknya berharap agar Monash bisa belajar dan berkontribusi signifikan bagi pembangunan ekonomi di kawasan ini.

"Lokasi ini kami pilih dengan mempertimbangkan kedekatannya dengan industri, dengan perguruan tinggi lain serta berada tepat dimana masyarakat tinggal, belajar dan bekerja," jelasnya.

Peresmian Monash University di BSD City turut dihadiri oleh Prof. Susan Elliott AM (Provost and Senior Vice President Monash University), Prof. Andrew MacIntrye (President ? Monash University Indonesia) dan Prof. Margaret Gardner AC (Presiden dan Wakil Rektor ? Monash University), A. Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Simon Crean (Former Australian  Federal Politician Member of Monash University Council) dan Michael Widjaja (Group CEO ? Sinar Mas Land).Dok. Sinar Mas Land Peresmian Monash University di BSD City turut dihadiri oleh Prof. Susan Elliott AM (Provost and Senior Vice President Monash University), Prof. Andrew MacIntrye (President ? Monash University Indonesia) dan Prof. Margaret Gardner AC (Presiden dan Wakil Rektor ? Monash University), A. Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Simon Crean (Former Australian Federal Politician Member of Monash University Council) dan Michael Widjaja (Group CEO ? Sinar Mas Land).
President Monash University Indonesia, Prof. Andrew MacIntrye menambahkan, Monash University Indonesia memiliki rumah yang menarik di BSD City dengan ekosistem yang baik.

"Sehingga kami dapat berkolaborasi bersama perusahaan-perusahaan inovatif seperti Traveloka, Unilever dan lainnya," imbunya.

Baca juga: Meluncur, Rumah Tanakayu Ukuran 70 Meter Persegi di BSD City Seharga Rp 1,5 Miliar

Group CEO Sinarmas Land Michael Widjaja megatakan, peresmian Monash University merupakan salah satu upaya mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

"Kami harap kehadiran Monash dapat membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk mengenyam pendidikan di salah satu institusi terbaik dunia di dalam negeri," ujarnya.

Dengan lokasi di BSD City, Monash terkoneksi langsung dengan beragam industri yang berkantor di kawasan ini.

"Sehingga ilmu yang diterima dapat segera diterapkan secara nyata untuk mendukung kemajuan Indonesia," pungkasnya.

Kehadiran Monash melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City yang telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah institusi pendidikan ternama.

Seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, IULI serta institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com