Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Bisa Beli Perumahan Shila at Sawangan di Metaverse

Kompas.com - 24/03/2022, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lahan perumahan Shila at Sawangan bakal dikembangkan ke dalam dunia virtual di Metaverse Indonesia.

Hal itu ditandai penandatanganan MoU antara PT Diamond Development Indonesia (DDI) selaku anak perusahaan Mitsubishi Corporation, dan PT Pakuan Tbk dengan WIR Asia.

WIR merupakan perusahaan berbasis teknologi Augmented Reality (AR) yang sedang mengembangkan Metaverse Indonesia.

Baca juga: Jalin Kerja Sama dengan The Sandbox, HSBC Resmi Terjun ke Metaverse

Kolaborasi merupakan bentuk respons perkembangan teknologi dan semakin maraknya dunia digital saat ini.

Membuat masyarakat mulai berbondong-bondong untuk memasuki dunia metaverse, tak terkecuali Shila

Apalagi target market Shila merupakan kaum milenial dan keluarga baru. Sehingga, alasan mendasar dan kuat itulah yang membuat Shila merambah ke dunia virtual ini.

Selain dapat memberikan pengalaman baru, rencana yang sedang dikembangkan yaitu agar model perumahan modern dan perkembangan terbaru Shila dapat terus terupdate di dunia virtual. 

Para pemilik rumah serta pengunjung pun dapat melihatnya. Jadi tidak hanya bisa menikmati fasilitas, layanan, sarana dan prasarana yang ada di dunia nyata, tetapi juga virtual.

Presiden Direktur PT DDI Kenji Ono mengatakan, pihaknya tengah melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak dalam mewujudkan visi untuk membangun smart township ini. 

Teknologi AR yang sedang dilakukan studi saat ini adalah teknologi smart system yang bisa memberikan dampak positif, ramah lingkungan, mudah digunakan, dan relevan sesuai dengan perkembangan. 

"Kami juga mempertimbangkan untuk menghubungkan dunia virtual Metaverse dengan kehidupan nyata," ujar Kenji Ono dalam siaran pers, Rabu (23/03/2022). 

Baca juga: Triniti Land Kembangkan Lahan di Metaverse Indonesia, Ini Konsepnya

Chief Marketing Officer Shila at Sawangan Denny Asalim menyampaikan,  pihaknya ingin terus mengembangkan infrastruktur, fasilitas baru, dan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para konsumen. 

"Beberapa kolaborasi besar juga tengah kami bicarakan, baik dengan menggandeng perusahaan nasional maupun internasional untuk mempercepat realisasi kota modern digital ini," terangnya. 

Executive Chairman & Co-Founder WIR Group Daniel Surya menambahkan, Metaverse Indonesia akan dirancang dengan platform yang didukung teknologi artificial intelligence (AI), virtual reality (VR), serta AR. 

Selain itu, platform ini juga disebut akan menghadirkan kota-kota besar di Tanah Air. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com