Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triniti Land Kembangkan Lahan di Metaverse Indonesia, Ini Konsepnya

Kompas.com - 11/03/2022, 16:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perintis Triniti Properti Tbk atau Triniti Land  menggandeng perusahaan berbasis teknologi augmented reality (AR), WIR Group mengembangkan lahan di Metaverse Indonesia. 

Direktur Utama dan CEO Triniti Land Ishak Chandra mengatakan, Metaverse adalah tentang lokasi. Memiliki hunian di Metaverse saat ini sama dengan memiliki properti di dunia nyata. 

“Dengan ekosistem yang dimiliki oleh WIR Group serta berbagai kolaborasi bisnis yang WIR Group lakukan akan menjadikan Metaverse Indonesia sebagai dunia virtual yang menarik untuk kita jelajahi, “ kata Ishak dalam keterangannya, Jumat (11/03/2022). 

Baca juga: Garap Tana Mori Senilai Rp 10 Triliun, Triniti Gandeng Konsultan Asing

WIR Group yang didukung pemerintah Republik Indonesia akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia pada perhelatan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Para ahli teknologi dan berbagai sektor bisnis seperti perbankan percaya bahwa Metaverse akan tumbuh menjadi ekonomi yang berfungsi penuh dalam beberapa tahun mendatang.

Ini menawarkan pengalaman digital sinkron yang akan terintegrasi ke dalam kehidupan kita seperti halnya email dan jejaring sosial saat ini. 

Secara bertahap Triniti Land akan memasukkan seluruh proyek-proyeknya ke dunia Metaverse dimulai dari proyek Brooklyn, Springwood, Yukata Suites, Collins Boulevard, The Smith dan Marc’s Boulevard Batam.

Tidak hanya itu, Triniti Land juga memasukkan rangkaian proyek baru lainnya yang diluar Jakarta seperti, Sentul, Lampung dan Tanamori-Labuan Bajo.

Executive Chairman & Co-Founder WIR Group Daniel Surya menambahkan, Metaverse Indonesia akan dirancang dengan platform yang didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, virtual reality (VR), serta augmented reality (AR).

Selain itu, platform ini juga disebut akan menghadirkan kota-kota besar di Tanah Air.

“Metaverse Indonesia akan dibangun dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai bangsa, di sana akan ada kota-kota utama Indonesia,” kata Daniel.

Daniel menyebut pengembangan Metaverse Indonesia tahap pertama ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2022. 

Pemerintah menargetkan platform Metaverse Indonesia untuk diperkenalkan pada ajang Presidensi G20 Indonesia 2022.

Pengembangan ekosistem Metaverse Indonesia akan dibangun secara bertahap. WIR Group memperkirakan ekosistem Metaverse Indonesia secara keseluruhan akan dikembangkan dalam waktu sekitar lima hingga enam tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com