Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Mencuci Weighted Blanket, Selimut Pereda Kecemasan

Kompas.com - 21/03/2022, 19:22 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.comWeighted blanket atau selimut berat adalah jenis selimut bertekanan lembut yang dapat menenangkan sistem saraf dan membuat penggunanya menjadi lebih rileks.

Selain itu, weighted blanket juga dipercaya mampu meredakan kecemasan hingga mengobati insomnia karena kenyamanan yang diberikan.

Dilansir dari Architectural Digest, Senin (21/3/2022), berat terbesar weighted blanket adalah sekitar 30 pon atau 13 kilogram.

Karena selimut ini jauh lebih berat daripada jenis yang lain, proses mencucinya akan menjadi lebih sulit dan membutuhkan waktu serta tenaga lebih.

Menurut beberapa ahli, pencucian weighted blanket harus mempertimbangkan ukuran serta bahan penyusunnya.

“Jika selimut Anda kurang dari 25 pon atau 11 kilogram, Anda dapat menggunakan mesin cuci Anda di rumah,” jelas pendiri dan CEO Baloo Elizabeth Grojean.

Baca juga: Kapan Harus Mengganti Kasur Lama dengan yang Baru?

Jika weighted blanket memiliki berat lebih dari 11 kilogram, Grojean merekomendasikan untuk menyerahkan selimut kepada binatu profesional atau menggunakan pembersih kering.

Grojean menjelaskan, pencucian weighted blanket di mesin cuci pribadi harus menggunakan siklus lembut agar selimut lebih awet.

Perhatikan pula jenis deterjen yang digunakan, misalnya deterjen yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti pemutih, klorin dan pelembut kain yang dapat merusak kain selimut sehingga selimut menjadi kehilangan kelembutannya.

Untuk pengeringannya, atur mesin pengering pada panas rendah. Terkait hal ini tim pengembangan produk di Casper Melissa Danielson mengatakan pengeringan alami dengan udara adalah cara paling aman, terlebih jika selimut memiliki manik-manik atau rantai logam.

Sebaliknya, pendiri California Design Den Deepak Mehrotra tidak menyarankan untuk menjemur selimut agar kering karena proses ini dapat meregangkan weigted blanket berbahan rajut tebal.

Ilustrasi selimut, ilustrasi knitted blanket, ilustrasi selimut rajut.SHUTTERSTOCK / Akasha Ilustrasi selimut, ilustrasi knitted blanket, ilustrasi selimut rajut.
Baca juga: Bantal Bisa Bertambah Berat jika Jarang Dicuci, Kok Bisa?

Mehrotra juga mengingatkan agar benar-benar memeriksa kapasitas beban mesin cuci atau pengering untuk menghindari kerusakan mesin.

Lebih lanjut, agar weighted blanket tidak mudah kotor, lakukan pembersihan noda setiap terkena tumpahan atau noda.

“Kami menyarankan untuk membersihkan selimut Anda jika memungkinkan untuk menghemat air dan energi, dan saya sangat merekomendasikan air dingin atau air hangat, tetapi buka air panas dan sabun yang lembut,” tambah Grojean.

Danielson merekomendasikan untuk menggosok noda dengan lap atau sikat gigi bekas menggunakan deterjen lembut atau penghilang noda dan air hangat agar tidak merusak produk.

Sedangkan untuk waktu pencuciannya, Danielson mengatakan hal ini tergantung dengan pemakaian.

Tetapi, untuk panduan yang lebih spesifik, Mehrota menyarankan utnuk mencuci weighted blanket setiap sebulan sekali jika setiap hari Anda menggunakan selimut tersebut.

Namun, jika weighted blanket hanya digunakan sesekali, cukup cuci selimut tersebut setiap empat hingga enam kali setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com