Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basmi Tungau dan Debu di Kasur Anda dengan 5 Langkah Mudah

Kompas.com - 12/02/2022, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Agar kasur lebih tahan lama, perabotan terpenting di kamar tidur itu harus dibersihkan secara menyeluruh.

Pasalnya, kasur bisa menampung tungau, debu, kulit mati, kotoran dan bulu hewan peliharaan.

Kasur yang kotor bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, terlebih bagi orang yang memiliki alergi.

Terkait hal ini, presiden perusahaan kasur Duxiana Ed Curry dan Co-Founder Casper Neil Parikh menjelaskan langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkan kasur secara menyeluruh, dilansir dari Architectural Digest, Sabtu (12/2/2022).

Adapun sebelum pembersihan dimulai, terdapat beberapa perlengkapan pembersihan yang harus dipersiapkan, seperti pembersih enzimatik atau sabun cuci piring, deterjen, soda kue, kain pembersih dan air dingin.

Untuk diketahui, pembersih enzimatik adalah pembersih serbaguna ramah lingkungan yang mengandung enzim dan bakteri alami penghancur kotoran organik, misalnya noda darah, keringat dan urin.

Baca juga: Murah dan Alami, Cuka Juga Bisa Membersihkan Barang-barang dari Kayu

Sementara itu, berikut 5 langkah mudah membersihkan kasur secara menyeluruh.

Cuci sprei

Cuci sprei, sarung bantal dan guling serta penutup kasur. Disarankan untuk mencuci semua elemen tersebut dengan menggunakan air panas untuk membantu menyingkirkan tungau dan debu.

Sedangkan untuk bantal dan guling, periksa rekomendasi perawatannya pada label agar tidak merusak bahan. Beberapa jenis bantal diketahui diperbolehkan untuk dicuci.

Vakum kasur

Sedot seluruh sisi kasur dengan menggunakan vacuum cleaner. Perhatikan pula bagian-bagian khusus, seperti pada jahitan dan celah yang menyimpan debu dan kotoran tersembunyi.

Gunakan penghilang noda

Bersihkan noda pada kasur dengan menggunakan pembersih enzimatik atau sabun cuci piring. Semprotkan pembersih ke kain putih bersih dan bersihkan area bernoda tadi.

Kemudian, oleskan air dingin dengan kain bersih dan lanjutkan dengan menyeka noda sampai hilang. Penggunaan pembersih enzimatik dan metode tersebut adalah untuk meminimalisir kelembapan pada kasur.

Baca juga: Ini Panduan Membersihkan Ubin Kamar Mandi dengan Bahan Alami

Perlu diingat, jangan pernah merendam kasur atau mengoleskan air dan larutan pembersih langsung di atasnya. Langkah tersebut akan menyebabkan busa tertinggal pada kasur.

Taburkan soda kue

Setelah noda dibersihkan, selanjutnya adalah menaburkan soda kue ke seluruh kasur dan biarkan hingga beberapa jam atau akan lebih baik jika dilakukan semalaman.

Soda kue disebut mampu memecah asam dan menyerap kelembapan atau bau yang tersisa pada kasur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com