Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala dan Wakil Otorita IKN Ikut Temani Jokowi Kemah di Titik Nol

Kompas.com - 14/03/2022, 17:31 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Otorita ibu kota negara (IKN), Bambang Susantono dan Wakil Otorita IKN, Dhony Rahajoe akan  menemani Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol IKN Senin (14/3/2022) malam.

Selain Kepala dan Wakil Otorita IKN, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dipastikan akan mendampingi presiden di lokasi kemah.

"Kepala Otorita Pak Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita Pak Dhony Rahajoe akan menginap,” ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi pada Senin siang.

Baca juga: Ini Makna Penyatuan Tanah dan Air di IKN Nusantara

Beberapa menteri juga akan ikut berkemah seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Kemudian, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. 

Tak hanya itu, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor serta 15 tokoh lokal juga akan ikut serta dalam acara kemah.

Sayangnya, 33 gubernur telah dipastikan batal menginap di lokasi kemah karena kondisi lapangan dan sarana yang masih terbatas.

"Karena sarana yang terbatas. Air, tenda dan lahan yang tidak rata. Sehingga terbatas yang bisa dibangunkan tenda," papar Heru.

Padahal sebelumnya, 34 orang gubernur dari seluruh Indonesia direncanakan akan menginap di lokasi IKN bersama Jokowi. Kegiatan menginap akan dilakukan malam ini dan berakhir pada Selasa (15/3/2022) siang.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah selesai memimpin prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia di titik nol IKN pada Senin pagi.

Ia mengatakan, prosesi ini menandakan persatuan Indonesia untuk membangun Nusantara.
"Ini merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun ibu kota Nusantara ini," kata Jokowi.

Menurut Jokowi prosesi penyatuan tanah dan air ini merupakan bagian dari cita-cita dan pekerjaan besar Indonesia yang akan segera dimulai, yakni pembangunan ibu kota Nusantara.

Ia pun berterima kasih kepada gubernur 34 provinsi yang hadir dan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur yang turut serta dalam prosesi penyatuan tanah dan air ini.

Jokowi juga berterima kasih yang lembaga-lembaga tinggi negara mulai dari Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Badan Pemeriksa Keuangan, hingga Komisi Yudisial yang mendukung dimulainya pembangunan ibu kota Nusantara.

Ia berharap pembangunan IKN Nusantara ke depan dapat berjalan dengan lancar.

"Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud," ucap presiden.

Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Bagus Santosa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com