Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Dekorasi Natal yang Abadi Sepanjang Masa

Kompas.com - 06/12/2021, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Mendekorasi rumah menjelang Hari Raya Natal adalah hal yang sangat menyenangkan bagi keluarga. Pasalnya, semangat menyambut Natal menjadi lebih terasa.

Namun, sayangnya dekorasi meriah Natal sering kali hanya bertahan sebentar dan harus berganti menyambut perayaan lainnya.

Sehingga, hal yang harus dilakukan adalah menentukan dekorasi rumah yang bisa cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dilansir dari The Spruce, berikut Kompas.com rangkum 6 ide dekorasi Natal yang bisa digunakan sepanjang masa.

1. Pisahkan warna hijau dan merah

Warna dekorasi Natal sudah sejak lama dicirikan dengan warna hijau dan merah. Namun, agar dekorasi bisa cocok digunakan sepanjang tahun, Anda bisa memisahkan barang-barang berwarna merah dan hijau di ruangan terpisah jika Natal sudah berlalu.

Selain itu, Anda juga bisa menghindari kombinasi warna hijau dan merah dengan menggunakan salah satu warna saja. Ini akan membantu Anda melakukan dekorasi ulang dengan lebih mudah.

2. Gunakan warna netral dan metalik

Kendati Natal identik dengan warna hijau dan merah, Anda tidak harus menggunakan kedua warna tersebut untuk mendekorasi rumah.

Anda bisa memilih warna biru atau perak yang merupakan kombinasi umum untuk Natal tetapi bisa juga terlihat bagus untuk dekorasi lain.

Untuk menambah nuansa Natal, Anda bisa memberikan gambar atau aksesoris bertema Natal di perabotan berwarna netral yang dipilih.

3. Gunakan ornamen logam

Jika Anda ingin memberikan sentuhan mewah di pohon Natal dan ruangan, ornamen logam, kaca atau perak bisa menjadi solusi.

Selain lebih bersifat netral, ornamen-ornamen ini juga bisa digunakan sepanjang tahun untuk menghiasi rumah.

4. Lilin putih

Selain penggunaan lilin merah yang bagus untuk dipasangkan dengan tanaman hijau atau dekorasi kamar yang memiliki skema hangat saat Natal, lilin putih rupanya juga cocok untuk dekorasi Natal.

Tidak hanya itu, lilin putih yang netral dan klasik, terlihat baik apabila digunakan sebagai dekorasi rumah bertema skandinavia atau tema lainnya.

5. Tampilkan lilin jendela

Lilin jendela, baik yang asli ataupun yang dioperasikan menggunakan baterai, adalah cara tradisional untuk memberikan nuansa liburan pada eksterior rumah. Membakar lilin jendela juga merupakan simbol selamat datang pagi pelancong yang lelah.

Selain memberikan daya tarik yang nyaman dan mengundang perhatian, lilin jendela yang dikombinasikan dengan karangan bunga terasa cocok untuk digunakan kapan saja.

6. Pasang barang bertema musim dingin

Natal selalu identik dengan salju dan musim dingin, meskipun Indonesia hanya memiliki musim hujan dan musim kemarau.

Namun, bagi Anda yang ingin memberikan nuansa musim dingin saat Natal seperti di negara lain, gunakan barang-barang bertema musim dingin, seperti hiasan kepingan salju.

Hindari interpretasi Natal yang lebih literal, seperti sinterklas karena kurang cocok untuk digunakan pada dekorasi lainnya selain pada Hari Raya Natal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com