Jangan Bingung Bedakan KPR Subsidi FLPP dan BP2BT, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 06/12/2021, 18:20 WIB
Ilustrasi KPR UNSPLASH/TIERRA MALLORCAIlustrasi KPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa itu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT)?

Pertanyaan ini mungkin kerap terlintas di benak Anda, bagaimana membedakan kedua jenis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ini untuk membeli rumah.

Sebab, jenis KPR subsidi di Indonesia cukup beragam. Di satu sisi dapat memberikan banyak pilihan, di sisi lainnya juga bisa membingungkan.

Baca juga: Personel TNI AD Dibekali Aplikasi KPR Khusus, Begini Cara Dapatnya

Hal ini mengingat fasilitas KPR menjadi primadona masyarakat untuk bisa membeli rumah. Khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sebagai pembuka, definisi KPR tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 20/PRT/M/2019 tentang Kemudahan dan Bantuan Pemilikan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Pada Pasal 1 ayat (1) tertulis bahwa KPR adalah kredit atau pembiayaan pemilikan rumah yang diterbitkan oleh bank pelaksana.

Sementara, Pasal 1 ayat 2 menerangkan KPR Bersubsidi adalah kredit atau pembiayaan pemilikan rumah yang mendapat bantuan dan/atau kemudahan pemilikan rumah dari
Pemerintah. Khususnya bagi MBR.

Adapun FLPP dan BP2BT merupakan jenis KPR subsidi untuk MBR. Lantas apa perbedaan keduanya? Simak ulasan berikut.

KPR FLPP

Jenis KPR subsidi yang cukup populer di masyarakat ialah FLPP. Meski masih ada jenis serupa yakni Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM).

Namun, pada prinsipnya, ketiga jenis KPR subsidi itu tidak ada perbedaan. Justru ada yang saling berkaitan satu sama lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.