Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Apartemen Studio Termahal di Dunia

Kompas.com - 30/11/2021, 14:41 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah apartemen di Potts Point, Sydney, menjadi salah satu ruang kecil paling mahal di dunia.

Pasalnya, apartemen dengan luas 17 meter persegi tersebut dijual seharga 469.000 dollar AS atau setara dengan Rp 6,7 miliar.

Menurut Numbeo.com, harga tersebut lebih besar 27.000 dolar AS atau Rp 386,9 juta per meter persegi. Harga ini hampir dua kali lipat dari rata-rata harga apartemen di Sydney.

Bahkan harga tersebut juga diketahui lebih mahal dibanding dengan biaya rata-rata per meter persegi apartemen di Tokyo, London dan New York.

Baca juga: Ini 5 Pilihan Apartemen di Bawah Rp 1 Miliar di Kota Hujan Bogor

Lantas, apa penyebab apartemen dengan tempat tidur yang ditata ke dalam ruang di bawah pakaian gantung ini bisa memiliki harga yang sangat mahal?

1. Pasar unit apartemen di Sydney kembali naik

Saat ini, pasar unit apartemen di Sydney sedang menunjukkan tanda-tanda mereka kembali hidup setelah berbagai persiapan yang telah dilakukan untuk menyambut imigran dan siswa internasional tahun depan.

Selain itu, banyak pakar memperkirakan bahwa harga sewa unit bisa terus naik, ditambah dengan permintaan unit yang kemungkinan akan melebihi ketersediaan rumah di tahun depan seiring dengan pembatasan wilayah yang perlahan-lahan terbuka.

2. Renovasi

Silvia Vitale selaku listing agent dari Belle Property Potts Point mengatakan bahwa apartemen tersebut telah direnovasi dengan teliti dan ditata ulang dengan gaya minimalis oleh pemiliknya saat ini.

Ruang yang dijadikan sebagai kamar tidur dulunya adalah kamar mandi, kamar mandi saat ini adalah dapur dan dapur telah dipindahkan ke ruang tamu.

Meski hanya memiliki sedikit ruang, dapur apartemen yang saat ini sedang disewakan dengan harga 450 dolar AS atau Rp 6,4 juta per minggu itu juga memiliki penyimpanan, lemari es bahkan mesin pencuci piring.

Untuk semakin menghemat ruang, toilet juga dibangun dengan memanfaatkan bilik shower.

“Ini adalah renovasi luar biasa yang benar-benar menganut konsep rumah mungil,” ujar Vitale.

3. Penyewa tidak keberatan dengan ruang kecil

Menurut Vitale, banyak pembeli dan penyewa tidak mempermasalahkan ruang yang kecil untuk apartemen mereka.

Penyebabnya adalah, kebanyakan orang menjalani kehidupan mereka di luar apartemen, seperti kafe, restoran dan taman.

"Itu sebabnya saya tidak melihatnya sebagai masalah bagi banyak orang,” cetus Vitale.

Dengan permintaan yang semakin meningkat, investor mungkin akan kembali ke pasar apartemen dengan ukuran yang lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com