Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Revitalisasi Galeri MURI di Jakarta Diresmikan

Kompas.com - 21/11/2021, 18:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Revitalisasi Galeri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di Jakarta yang bertema “Untuk Indonesia dari Bumi Indonesia”, diresmikan Sabtu (20/11/2021).  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, revitalisasi ini diharapkan dapat mengenalkan kembali kepada masyarakat luas mengenai MURI secara fisik melalui teknologi modern, tanpa melupakan akar budaya Indonesia.

Dia mengapresiasi MURI sebagai lembaga pencatatan rekor pertama dan tertua di Indonesia yang sudah berumur 31 tahun.

Baca juga: Museum Dharma Bhakti Kostrad, Museum Sejarah Penumpasan G30S PKI

"Saya berharap Galeri MURI ini dapat juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang memberikan edukasi dan experience kepada wisatawan,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (21/11/2021).

Galeri MURI telah mengimplementasikan konsep inovasi dengan memanfaatkan platform digital dalam promosi dan pengembangan MURI yang terus dilakukan.

Kemudian juga adaptasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya serta kolaborasi melalui upaya kerja sama dengan seluruh unsur pentahelix (Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah, dan Media).

Sandiaga mengajak MURI untuk memperbarui kerja sama dengan Kemenparekraf dalam mengembangkan destinasi minat khusus seperti halnya desa wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

Sementara itu, Pendiri dan Ketua Umum MURI Jaya Suprana menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menparekraf ke Galeri MURI Jakarta.

“Saya sempat meneteskan air mata karena terharu atas kunjungan dan waktu yang diluangkan Menparekraf ke Galeri MURI Jakarta,” kata Jaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com