Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Efisiensi, Perkuatan Dermaga Terminal Berlian Gunakan Metode Lumion

Kompas.com - 22/10/2021, 16:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Perkuatan Struktur Dermaga Terminal Berlian menggunakan metode Lumion dalam pembangunannya.

Dengan metode ini, visualisasi proyek tersebut terlihat lebih nyata dan jelas dalam menggambarkan urutan metode yang nantinya akan menjadi panduan pekerjaan di lapangan.

Sementara itu, beberapa inovasi juga digunakan dalam pembangunan proyek ini contohnya hanging waller beam berlian, fiber sebagai bekisitng, dan lain sebagainya.

Menurut Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT PP (Persero) Tbk Andi Gani Nena Wea, progres konstruksi proyek di Tanjung Perak, Surabaya ini berjalan baik, meski masih Pandemi Covid-19.

"Progres proyek tersebut saat ini telah terealisasi sebesar 75 persen, lebih cepat dari yang direncanakan," kata Gani dalam siaran pers, Kamis (21/10/2021).

Selain metode Lumion, PP menggunakan teknologi terkini seperti Building Information Modelling (BIM) dan penggunaan naviswork & microsoft project.

 Baca juga: PP Garap Dua Proyek di Banten, Progres Lebih Cepat dari Rencana

Fungsinya, membuat schedule (jadwal) pekerjaan yang nantinya akan menjadi acuan produksi pekerjaan lapangan setiap harinya.

Sehingga, target dan realisasi di lapangan dapat berjalan dan dikerjakan sesuai dengan jadwal yang dibuat.

Menurut Gani, inovasi-inovasi dalam setiap pelaksanaan proyek ini juga akan berdampak pada efisiensi biaya pembangunan.

Lingkup pekerjaan proyek tersebut contohnya, pondasi dan sub-structure, upper-structure (fender & bollard, capping beam), serta pekerjaan finishing dan arsitektur.

Dalam pembangunannya, manajemen proyek senantiasa mengimplementasikan Health, Safety, Environment Sustainability (HSE) demi meraih zero fatality (nol kecelakaan).

"Proyek juga menerapkan berbagai program pencegahan dan mitigasi Covid-19, termasuk aktif dalam menggalakkan vaksinasi para pekerja," lanjut Gani.

Tidak hanya itu, pembangunan Struktur Dermaga Berlian ini juga senantiasa menjalankan berbagai program Corporate Social  kepada masyarakat dan lingkungan sekitar proyek.

Karena inovasi yang dilakukan, proyek Perkuatan Struktur Dermaga Berlian menyabet dua penghargaan dalam ajang PP Awards 2021.

Proyek ini meraih juara 1 kategori Smart Infratech dan Juara 3 kategori Best HSE Implementation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com