Kompas.com - 22/10/2021, 14:30 WIB
Double Track Jawa Selatan. Dok. KPPIP.Double Track Jawa Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.comDouble Track Jawa Selatan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang menjadi perhatian Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo mengatakan, proyek pembangunan rel ganda ini dirancang sepanjang 361 kilometer di Jawa bagian selatan yang mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tujuannya, meningkatkan kapasitas lintas kereta api dalam menghubungkan pusat-pusat kegiatan Jawa bagian selatan," kata Wahyu dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

Wahyu mengungkapkan, PSN dengan skema pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut menelan investasi senilai Rp 12 triliun.

Konstruksi PSN yang menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini ditargetkan tuntas tahun 2023.

Baca juga: Ini Dua Proyek Strategis Nasional di DIY yang Telah Beroperasi Komersial

Koordinator Project Management Office (PMO) Sektor Transport KPPIP Djoko Wibowo menambahkan, progres pembangunan PSN ini.

Untuk di Jawa bagian Barat track Bogor-Cicurug mencapai 70 persen, Gedebage-Haurpugur sebesar 55 persen, Cicurug-Sukabumi masih belum terlihat progresnya karena baru dikerjakan.

Sementara untuk track Cicurug-Sukabumi, progres saat ini masih dalam tahap penyiapan lahan.

Untuk di Jawa Tengah, progress pembangunan track Purwokerto-Kroya, Kroya-Kutoarjo, dan Solo-Kedungbanteng sudah selesai dibangun.

Adapun pembangunan di Jawa bagian Timur untuk track Kedungbanteng-Madiun dan Madiun-Jombang sudah tuntas dikerjakan.

Lalu, progres pembangunan Jombang-Wonokromo progresnya mencapai 50 persen, serta Jombang-Mojokerto telah beroperasional.

Selain Double Track Jawa Selatan, proyek kereta api lainnya yang sudah tuntas dan resmi beroperasi komersial di Pulau Jawa yaitu Kereta Api (KA) Akses Bandara Baru Yogyakarta-Kulon.

Proyek kereta api ini akan terhubung langsung dengan Kota Yogyakarta yang bisa ditempuh selama 40 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.