Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Makin Bergantung pada Situs Online Cari Properti Idaman

Kompas.com - 06/10/2021, 07:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama berlangsungnya pandemi lebih dari 1,5 tahun terakhir, banyak konsumen yang bergantung pada situs online untuk mencari properti yang diinginkan.

Hal ini tidaklah mengherankan mengingat pemerintah Indonesia menerapkan berbagai pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah.

Pembatasan aktivitas ini juga terjadi di bisnis properti. Bila sebelum pandemi, biasanya pembeli dapat melakukan visiting rumah, namun sekarang telah dibatasi.

Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam acara Webinar Tren Hunian Pasca Pandemi, Perubahan Perilaku Pencari Hunian dan Adaptasi Pelaku Industri, Selasa (05/10/2021) mengatakan selama masa tersebut, trafik kunjungan ke rumah.com meningkat.

Baca juga: Bunga KPR Tinggi Kubur Impian Masyarakat Beli Rumah

“Ketika orang hanya bisa beraktivitas dari rumah, justru trafik kunjungan ke portal Rumah.com meningkat. Ini membuktikan minat orang terhadap listing properti juga ikut meningkat,” ujar Marine.

Karena adanya pembatasan sosial, mau tidak mau konsumen melakukan pencarian informasi mengenai properti idamannya melalui media online.

“Dari survei yang kami lakukan, sebanyak 56 persen responden mencari informasi tentang hunian incaran mereka di portal properti,” jelasnya.

Sebagai platform penyedia informasi tentang listing properti, Rumah.com juga telah menyediakan berbagai fasiltias pendukung.

Mulai dari area edukasi, kalkulasi serta informasi-informasi terkait sehingga membuat para pencari hunian merasa lebih siap untuk membuat keputusan.

Ia menjelaskan, minat konsumen terhadap detail hunian meningkat di tahun 2021. Apalagi properti merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki setiap masyarakat.

“Sekarang ini banyak dukungan dari pemerintah misalnya diskon PPN sampai akhir tahun serta harga suku bunga yang rendah.

Belum lagi ada diskon dari pengembang. Karena itu, sekarang ini waktu yang tepat untuk beli properti,” tandas Marine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com