Kompas.com - 05/10/2021, 21:00 WIB
Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Dok. PT Hutama Karya (Persero).Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi 3 Taba-Penanjung ditargetkan tuntas akhir tahun 2021.

Hingga saat ini, pembangunan infrastruktur konektivitas sepanjang 17,6 kilometer tersebut sudah mencapai 84,62 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (5/10/2021), Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap, penyelesaian konstruksi jalan tol ini tidak mengalami penundaan. 

"Sebab, jalan tol ini sangat penting dan akan menjadi trigger (pemicu) untuk membuka keterisolasian Bengkulu dan membuka konektivitas sepanjang Sumatra," terang Rohidin.

Untuk diketahui, Tol Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu terdiri dari tiga seksi yakni, Seksi 1 Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Proyek Tol Lubuk Linggau-Bengkulu Berjalan Lancar

Kemudian, Seksi 2 Taba Penanjung–Kepahiang sepanjang 23,7 kilometer, dan Seksi 3 Kepahiang-Lubuk Linggau sepanjang 54,5 kilometer dengan total keseluruhan membentang 95,8 kilometer.

Tak sekadar menjadi jalan tol biasa, rencana pembangunan konstruksi Tol Lubuk Linggau–Bengkulu ini dilengkapi terowongan (tunnel) sepanjang 7 kilometer.

Terowongan tersebut dapat menembus Bukit Barisan dengan kedalaman maksimal 352 meter dan jembatan bentang panjang (long-span bridge).

Jembatan ini dirancang sepanjang 1,6 kilometer yang membentang di atas lembah dengan ketinggian pilar mencapai 45 hingga 90 meter.

Khusus akhir tahun ini, hanya Seksi 3 Taba-Penanjung yang ditargetkan bakal tuntas pembangunannya.

Sementara target penyelesaian konstruksi ruas Tol Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu secara keseluruhan yakni tahun 2022 mendatang.

Pembangunan ruas tol tersebut dikerjakan oleh PT HK Infrastruktur (HKI) selaku anak usaha PT Hutama Karya (Persero).

Untuk diketahui, Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu juga merupakan bagian dari konstruksi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.