Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang World Superbike 2021, ITDC Gencar Vaksinasi Massal

Kompas.com - 23/08/2021, 17:49 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) gencar melakukan kegiatan vaksinasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Kegiatan vaksinasi dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan KSPN Mandalika dan sekitarnya sebagai green zone destination atau destinasi bebas Covid-19.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan, sebanyak 3.000 vaksinasi telah dilakukan pada Sabtu (21/8/2021) kepada masyarakat dari berbagai kalangan meliputi masyarakat desa penyangga The Mandalika, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, Warga Negara Asing (WNA), dan mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok.

"Jadi vaksin ini diberikan untuk mereka yang ada di Kawasan The Mandalika, teruama mereka yang tinggal, dan bekerja di kawasan ini," kata Abdulbar.

Baca juga: Sengkarut Mandalika, Tumpang Tindih Hak Tanah dan Ganti Rugi Tak Dibayar

Vaksinasi ini diselenggarakan di sejumlah tempat yaitu di Bazaar Mandalika, area Kuta Beach Park (KBP), Desa Mertak dan SDN 1 Bangkrang Prabu.

Sebelumnya ITDC juga telah menyelesaikan vaksinasi bagi 1.200 pekerja pariwisata di The Mandalika, terdiri dari tenaga kerja perhotelan, pegawai ITDC, tenaga keamanan, petugas kebersihan, tenaga proyek, Badan SAR Nasional, dan pegawai SPBU The Mandalika.

Kegiatan vaksinasi yang berlangsung 30 Maret hingga 1 April 2021 untuk dosis pertama lalu periode 28 April sampai 30 April 2021 dan 4 Mei 2021 untuk dosis kedua tersebut diselenggarakan oleh ITDC bekerjasama dengan Dinas Pariwisata NTB, Dinas Kesehatan NTB, Puskesmas Kuta, serta Mandalika Hotel Association (MHA).

Abdulbar menjelaskan selain memastikan Mandalika sebagai kawasan bebas Covid-19, vaksinasi juga sekaligus dalam rangka menyambut event balap motor Internasional FIM MOTUL Superbike World Championship atau WSBK di Mandalika International Street Circuit pada November 2021.

"ITDC siap mendukung dan mendampingi Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam kegiatan vaksinasi untuk mencapai target 20.000 vaksin per hari," ungkap Abdulbar.

Hal senada diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, yang akan terus mendorong agar vaksinasi terus dilakukan di Mandalika.  

Satu bulan sebelum diselenggarakannya ajang balap motor internasional tersebut tingkat vaksinasi harus mencapai yang ditargetkan oleh Presiden Jokowi yaitu mencapai 450.000 orang yang tervaksinasi. 

Menurut Sandiaga, vaksinasi ini untuk memenuhi persyaratan dari Presiden Jokowi bahwa dalam menyambut event WSBK, tingkat vaksinasi di NTB harus mencapai tingkat yang lebih tinggi.

"Satu bulan sebelum WSBK kita harus pastikan bahwa pra-kondisi yang diminta Presiden tersebut sudah kita peroleh untuk mensukseskan event WSBK ini," kata Sandiaga. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com