Kompas.com - 23/08/2021, 14:45 WIB
Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang  11,9 km. Kementrian PUPR menargetkan selesai pembangunan pada akhir tahun 2021. Kementrian PUPRJalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9 km. Kementrian PUPR menargetkan selesai pembangunan pada akhir tahun 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarif Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong resmi naik Senin (23/8/2021) ini.

Penyesuaian ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 821/KPTS/M/2021 tanggal 25 Juni 2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I (Ciawi-Cigombong).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyesuaian tarif tol dilakukan yakni untuk perjalanan dari Simpang Susun Ciawi menuju Ciawi dengan transaksi di Gerbang Tol (GT) Ciawi Selatan sebesar Rp 1.500 untuk kendaraan Golongan I, Rp 2.500 untuk kendaraan Golongan II dan III.

Kemudian Rp 3.000 untuk kendaraan Golongan Iv, dan Rp 3.500 untuk kendaraan Golongan V.

Sedangkan perjalanan dari Ciawi menuju Simpang Susun Cigombong dengan transaksi di GT  Caringin dan Cigombong 1 sebesar Rp 14.000 untuk kendaraan Golongan I, Rp 21.000 untuk kendaraan Golongan II dan III, serta Rp 28.000 untuk kendaraan Golongan IV dan V.

Baca juga: Siap-siap, Tarif Baru Tol Ciawi-Cigombong Segera Berlaku

Direktur Utama PT Trans Jabar Tol (PTJT) Anjar Kuswijanarko mengatakan, penyesuaian tarif Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I ini diperlukan untuk menjaga kemampuan TJT mempertahankan kualitas Standar Pelayanan Minimum (SPM) jalan tol serta menjaga tingkat pengembalian investasi pemegang saham.

Sesuai dengan Perjanjian Pengelolaan Jalan Tol (PPJT), kenaikan tarif tol ini dilakukan setiap dua tahun sekali dengan mempertimbangkan tingkat inflasi daerah.

Namun khususnya Tol Ciawi-Sukabumi ini juga mempertimbangkan kenaikan dari dampak rasionalisasi tarif yang ditetapkan oleh Pemerintah pada tahun 2019 lalu di luar kesepakatan  PPJT.

Sebagai informasi, Tol Ciawi-Sukabumi adalah ruas tol yang dikelola oleh TJT yang sahamnya dimiliki Waskita Toll Road sebesar 99,99 persen.

Tol ini menghubungkan Bogor, Ciawi, hingga Sukabumi sepanjang 54 kilometer. Saat ini, Tol Ciawi-Sukabumi telah beroperasi sebagian sepanjang 15 kilometer pada Seksi I Ciawi– Cigombong.

Sementara itu untuk Seksi II Cigombong-Cibadak masih dalam tahap konstruksi dengan target penyelesaian awal tahun 2022.

Sedangkan untuk Seksi III dan IV sepanjang 26,75 kilometer masih dalam proses pembebasan lahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.