Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Milik Jack Ma Belanjakan Rp 2,9 Triliun Demi Tanah di Hangzhou

Kompas.com - 12/08/2021, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan milik miliarder China Jack Ma, Ant Group, dikabarkan membeli lahan komersial di ibukota provinsi Zhejiang, Hangzhou, China, Selasa (10/08/2021).

Seperti dikutip dari South China Morning Post, lahan komersial tersebut dibeli dengan harga sebesar 1,31 miliar Yuan atau setara dengan Rp 2,90 triliun.

Luas lahan  ini diketahui 325.795 meter persegi. Itu berarti harga jual tanah per meter persegi sebesar 4.035 yuan (Rp 8,94 juta).

Namun, Ant Group hanya membayar harga 22 persen lebih rendah dibandingkan dengan harga lahan terdekat yang mereka akuisisi tahun lalu.

Baca juga: Jack Ma Lansir 3 Buku Digital Pengembangan Rumah Sakit Covid-19

Kabarnya perusahaan yang bergerak di bidang Fintech ini berencana untuk membangun kantor pusatnya di sana. Namun, Ant Group menolak memberi komentar lebih jauh.

Harga tanah di China memang tengah mengalami penurunan setelah pemerintah menerbitkan bebereapa kebijakan untuk menahan laju kenaikan harga properti.

Di Hangzhou, aturan diperketat pada Januari lalu sehingga membatasi orang membeli properti secara berlebihan dengan menggunakan alasan untuk keluarga dekat.

Direktur Senior dan Kepala Penelitian Savills di China, James Macdonald mengatakan kantor baru Ant Group akan segera berdiri di lokasi baru tersebut.

“Kantor baru Ant akan segera dibangun di lokasi tersebut. Nantinya akan ada pengembangan lebih lanjut,” kata Macdonald.

Menurut Macdonald, harga yang dibayarkan ant group untuk membeli situs komersial di Hangzoh adalah hal yang wajar karena harga properti di area tersebut memang tinggi.

Meskipun harga properti cenderung tinggi, tetapi permintaan tanah tetap tinggi di Hangzhou. Kota tersebut, dikabarkan telah menjual 57 bidang tanah, di mana 44 di antaranya mencapai batas harga atas.

Kawasan Resor Wisata Nasional Zhijiang memang sangat menarik untuk menjadi lahan investasi karena memiliki banyak area wisata termasuk taman hiburan skala besar Song Cheng, dan lapangan Golf Internasional, Hangzhou Xihu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com