Kompas.com - 12/08/2021, 18:14 WIB
Ilustrasi arsitek yang bekerja. ShutterstockIlustrasi arsitek yang bekerja.

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Pemilihan (Panlih) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) telah menetapkan tujuh bakal calon (balon) ketua umum periode 2021-2024 dalam perolehan e-vote tahap 1.

Ketujuh arsitek tersebut adalah Georgius Budi Yulianto, Ahmad Saifudin Mutaqi, I Ketut Rana Wiarcha, Muaz Yahya, Robby Dwiko Juliardi, Satrio Suryo Herlambang, serta Sanusi Anwar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada hasil perolehan e-vote tahap 1, Georgius mendapatkan suara terbanyak atau sebesar 446 suara.

Lalu, diikuti Ahmad mendapatkan 401 suara, Rana 333 suara, Muaz 279 suara, Robby 147 suara, Satrio 131 suara, serta Sanusi sebanyak 49 suara.

Ketua Panlih Musyawarah Nasional (Munas) IAI XVI Don Ara Kian mengatakan, e-vote tersebut diselenggarakan selama tiga hari yaitu 7-9 Agustus 2021 melalui WhatsApp interaktif.

Sementara pengumuman dilakukan secara daring yang dihadiri oleh Majelis Kehormatan Nasional (MKN), Majelis Organisasi (MO), Pengurus Nasional (PN), seluruh Ketua IAI provinsi/wilayah/perwakilan, SC/OC Munas XVI, serta Panlih.

Don menjelaskan, sebetulnya terdapat 4.590 daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan berdasarkan sumber data dari IAI-Provinsi seluruh Indonesia, serta 1 perwakilan di Singapura.

Baca juga: Menuju Munas XVI, IAI Tetapkan Bakal Calon Ketua Umum 20 Agustus

Namun, dari jumlah DPT yang ada, hanya 1.786 anggota yang menggunakan hak suara atau 38,9 persen dari total keseluruhan.

"Ini artinya, sebanyak 2.804 DPT belum menggunakan hak suara," ujar Don dalam siaran pers, Rabu (11/08/2021).

Merujuk Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IAI yang disahkan pada Musyawarah Nasional Khusus (Munassus) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas 25 Februari 2018 di Surabaya, Jawa Timur, terdapat tiga syarat bagi anggota yang dapat menggunakan hak suara pada proses tersebut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.