Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA Raih Rekor MURI Kompetisi Building Information Modelling

Kompas.com - 11/05/2021, 19:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA raih Rekor MURI sebagai Perusahaan Pertama Penyelenggara Kompetisi Building Information Modelling (BIM) tingkat Nasional.

Pemecahan rekor ini menyusul kesuksesan program BIMWIKA Awards yang telah diselenggarakan sejak tahun 2019 lalu.

Direktur QHSE WIKA Rudy Hartono mengatakan BIM WIKA Awards hadir untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan kompetensi engineer muda Indonesia terutama dalam pemanfaatan BIM.

"Dengan mengikuti pembekalan maupun kompetisi, para peserta diharapkan menjadi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja di sektor konstruksi," kata Rudy dalam keterangan tertulis, Selasa (11/05/2021).

Baca juga: Terapkan BIM, Konstruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang Tembus 64 Persen

Pada perhelatan 2020, BIM WIKA Awards diikuti oleh 438 peserta dari 71 institusi pendidikan mulai dari Sekolah Menengah Atas hingga Perguruan Tinggi di 18 Provinsi seluruh Indonesia.

Piagam Perusahaan Pertama Penyelenggara Kompetisi BIM Tingkat Nasional di Indonesia diberikan langsung oleh Senior Manager MURI Yusuf Ngadri kepada Direktur QHSE WIKA, Rudy Hartono.

Rudy mengungkapkan, capaian ini mencerminkan komitmen yang kuat dari WIKA untuk berada satu langkah lebih di depan dalam hal inovasi maupun optimalisasi teknologi di dunia konstruksi.

WIKA percaya bahwa teknologi akan memainkan peranan penting untuk menjadikan proses pembangunan konstruksi yang lebih efektif baik dari sisi waktu juga biaya.

Perseroan juga baru saja meluncurkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Online bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Peluncuran PPKB Online tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Jasa dan Usaha Sektor LPJK Manlian Ronald Adventus Simanjuntak, Kamis (06/05/2021)

Melalui kerja sama PPKB WIKA-LPJK ini, setiap program pendidikan/pelatihan, sharing knowledge maupun Awards dapat diakui secara resmi oleh LPJK dan bermanfaat dalam perpanjangan Sertifikasi Keahlian (SKA).

Pada pembentukan PPKB Online WIKA ini, salah satu program unggulan yang akan diajukan adalah Pelatihan BIM (BIM E-Learning) yang merupakan program pelatihan implementasi BIM dalam pelaksanaan proyek konstruksi melalui pembelajaran online berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com