Gerak Cepat BPJN NTT Perbaiki Jembatan dan Jalan Rusak akibat Badai Seroja (2)

Kompas.com - 11/05/2021, 15:30 WIB
Jembatan Termanu di Kabupaten Kupang BPJN NTTJembatan Termanu di Kabupaten Kupang

KUPANG, KOMPAS.com - Pasca-Badai Seroja yang menerjang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) awal bulan April 2021 lalu, sejumlah infrastruktur di wilayah NTT rusak berat.

Di antaranya jalan dan jembatan dengan status jalan nasional, jalan propinsi dan kabupaten yang menghambat arus lalu lintas sehingga perlu penangganan segera.

Satgas Kementerian PUPR dan Dirjen Bina Marga serta Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTT, saling berkoordinasi untuk  langsung bergerak cepat menangani jalan dan jembatan rusak tersebut.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Wilayah I BPJN NTT Muhammad Syazili menargetkan, dalam waktu enam bulan atau akhir tahun ini semua jalan dan jembatan rusak serta longsoran sudah diperbaiki.

Baca juga: Gerak Cepat BPJN NTT Perbaiki Jembatan dan Jalan Rusak akibat Badai Seroja (1)

"Hal ini supaya akses perekonomian, arus barang dan jasa masyarakat sudah bisa normal kembali," ujar Syazili kepada Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Syazili memerinci, di Kabupaten Kupang terdapat beberapa ruas jalan yang longsor dan jembatan rusak yang sudah ditangani.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka adalah dua titik ruas Jalan Bokong-Batu Putih, tiga titik di ruas jalan Batu Putih-Batas Kota Soe, Jembatan Bokong II dan Jembatan Fatutuaf.

Khusus untuk Jembatan Termanu Cs akan diperbaiki termasuk juga pembangunan jalan layang (causeway) di 13 sungai menuju Jembatan Termanu.

Sedangkan di Pulau Sumba, BPJN merehabilitasi ruas Jalan Lailunggi-Tawui dan dua Jembatan yakni Jembatan Tawui dan Jembatan Lailunggi.

Untuk penanganan di ruas Jalan Oesao-batas Kota Soe dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X