Terapkan BIM, Konstruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang Tembus 64 Persen

Kompas.com - 06/05/2021, 11:17 WIB
Tol Pekanbaru-Bangkinang. Dok. Hutama Karya (Persero).Tol Pekanbaru-Bangkinang.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) terus mengebut konstruksi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), salah satunya Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Progres konstruksi jalan tol sepanjang 40 kilometer ini telah mencapai 64 persen dan pembebasan lahan mencapai 46 persen.

Dalam mempercepat pembangunan jalan tol ini, Hutama Karya mengimplementasikan teknologi Building Information Modeling (BIM).

Menurut Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, penerapan teknologi ini selaras dengan arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mendukung konstruksi digital Indonesia.

"Teknologi BIM saat ini sudah kami gunakan hampir di seluruh ruas pembangunan JTTS, baik dalam fase perencanaan hingga fase konstruksi," tutur Koentjoro dikutip dari siaran pers, Kamis (06/05/2021).

Bahkan, kata Koentjoro, Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan ruas tol pertama yang menerapkan teknologi ini.

Di sisi lain, Direktur Operasi II HKI I Wayan Mandia menyampaikan, implementasi BIM di proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang telah dilaksanakan dalam perencanaan main road (jalan utama).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, structure (struktur) seperti overpass, underpass, jembatan, box traffic, dan box drain, penjadwalan, hingga perhitungan estimasi pengeluaran.

“Dengan menggunakan BIM, proses persetujuan dokumen dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja," kata Wayan.

Baca juga: Strategi Hutama Karya Percepat Penyelesaian Tol Trans-Sumatera Ruas Prioritas

Wayan menjelaskan, BIM ini juga sudah dapat digunakan sebagai pembanding antara perencanaan dengan realisasi di lapangan baik dari segi volume pekerjaan, biaya, maupun penjadwalannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X