Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Diisukan Cerai Lagi, Andhara Early Ungkap Alasan Pilih Tetap Bertahan

Kompas.com - 22/01/2024, 22:47 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Presenter Andhara Early tanggapi rumor yang menyebut rumah tangganya akan kembali berakhir dengan perceraian.

Early dan suaminya, Bugi Ramadhana spontan tertawa dan saling bertatapan saat mendengar rumor itu dari Melaney Ricardo dan mengungkap alasan mereka akhirnya memilih untuk tetap bertahan.

"Komunikasi sih sebenarnya, gue terlalu tertutup. Akhirnya dia ngomong butuhnya apa sih," kata Bugi dikutip dari YouTube Melaney Ricardo.

"Kalau gue ngelihatnya, ya udah ini gimana gue mau bertoleransi," sambung Early.

Dengan dua kali kegagalan dalam berumah tangga, membuat Early banyak belajar tentang pentingnya memiliki toleransi dan tidak hanya mengikuti egonya dalam membangun rumah tangga.

Baca juga: Penjelasan Andhara Early Saat Ijazah Putranya Ditahan Sekolah karena Tagihan Non Akademis

"Gue ngerasanya gue harus tetap kasih dia kesempatan sampai kapan pun karena dia yang gue pilih," ucap Early.

"Gue udah ngelewatin banyak banget drama, jadi gue ngerasanya gue butuh apalagi sih? Kalau misal gue tetap stick dengan ego gue, sampai kapan?" sambungnya.

Namun Early juga mengatakan, itu bukan berarti dia memutuskan bertahan demi anak-anak. 

"Gue bukan bertahan karena anak," ujar Early.

"Orang misal 'kenapa gue bertahan, ya karena gue ada anak-anak,' nonsense, lo saat sudah berumah tangga, anak-anak cuma lo jadiin alasan, padahal sebenarnya bukan di sana," imbuhnya.

Baca juga: Putuskan Lunasi KPR Lebih Awal, Andhara Early Terkejut Jumlah Cicilan Tak Banyak Berkurang Setelah 8 Tahun

Aktris yang menikah dengan mantan drummer band Phantom pada tahun 2011 itu justru merasa keputusan orangtua bertahan demi anak merupakan hal yang salah.

"Misal kita memutuskan untuk berpisah, terus kita bertahan karena anak, menurut gue itu salah," ucap Early.

"Karena gue ngerasa, kualitas kita dulu yang kita yakinin kita bisa bertahan atau enggak, karena kesananya, anak-anak yang melihat orangtua gue seperti ini," imbuhnya.

Pemikiran dewasa Early itu yang kemudian membuat Bugi yang berusia enam tahun lebih muda, merasa bersyukur memiliki Andhara Early.

"Toleransinya sangat besar, dia mengalahkan ego dirinya sendiri untuk gue," kata Bugi.

"(Tapi) Ada momen-momen yang gue juga 'oh ini bisa gue toleransi,' tapi ada hal-hal yang 'ini enggak boleh gue toleransiin, harus gue saklekin,'" sambung Early.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com