Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Apartemen agar Terlihat Lebih Bergaya

Kompas.com - 12/05/2024, 13:39 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi apartemen mungkin menjadi tantangan tersendiri. Sebab, umumnya ukuran apartemen tidak seluas rumah. 

Maka dari itu, tidak semua ornamen dekorasi atau furnitur bisa ditempatkan di dalam apartemen. Namun, bukan berarti apartemen tidak bisa didekorasi dengan indah. 

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Apartemen Sewa Tanpa Mengubahnya

Ada beberapa ide dekorasi apartemen yang membuat hunian ini terasa lebih nyaman dan menarik. Dikutip dari The Spruce, Minggu (12/5/2024), berikut beberapa ide dekorasi apartemen agar terlihat lebih bergaya. 

Tambahkan karpet warna-warni

Ilustrasi karpet di kamar tidur apartemenShutterstock/Ground Picture Ilustrasi karpet di kamar tidur apartemen

Salah cara membuat apartemen terlihat lebih menarik yaitu dengan meletakkan karpet warna-warni. Warna mencolok pada karpet memberikan kesan ceria dan menyenangkan di ruangan tersebut. 

Padukan karpet warna-warni dengan hiasan dinding dan bantal beludru berwarna cerah untuk menyempurnakan tampilan apartemen. 

Baca juga: Panduan dan Cara Memilih Karpet untuk Ruangan

Gunakan furnitur multifungsi

Jika apartemen memiliki ruang yang terbatas, maka sebaiknya pilih furnitur yang multifungsi agar bisa menghemat ruang. 

Misalnya, menggunakan tempat tidur yang berfungsi ganda sebagai sofa. atau menggunakan meja kecil yang dapat digunakan sebagai meja kerja dan meja makan. 

Tampilkan warna gelap

Selanjutnya, ide dekorasi apartemen yaitu menghias dengan warna gelap untuk menambah kesan nyaman di kamar tidur apartemen. 

Desiree Burns Interiors mengecat dinding di belakang tempat tidur dengan warna hitam matte, sehingga memberikan kesan membumi. 

Warna gelap tersebut dipadukan dengan jendela besar yang dapat memaksimalkan pencahayaan di ruangan tersebut. 

Baca juga: Simak, Tips Mengecat Dinding dengan Warna Gelap

Tambahkan aksen dengan warna hijau dan biru

Pada apartemen bernuansa netral, sebaiknya tambahkan aksen warna hijau dan biru yang lembut. Warna aksen tersebut membuat apartemen terasa tidak membosankan. 

Warna hijau dan biru bisa ditampilkan di sudut ruangan atau pada furnitur seperti sofa.

Lakukan pengecatan pada pintu masuk

Ilustrasi kamar tidur bergaya modern, gorden di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi kamar tidur bergaya modern, gorden di kamar tidur.

Pintu masuk apartemen bisa dicat untuk menambah keindahan apartemen. Salah satu warna cat yang bisa dipilih yaitu kuning mustard. 

Warna ini memberikan kesan ramah dan hangat. Selain itu, pintu berwarna kuning mustard juga bisa menciptakan dimensi pada ruangan. 

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Area Pintu Masuk Rumah

Gantung tirai tinggi

Terakhir, ide dekorasi apartemen yaitu menggantung tirai tinggi di jendela. Tirai yang tinggi membuat ruangan terasa lebih megah. 

Selain itu, tirai tinggi juga bisa dipasangkan dengan tirai tipis yang memungkinkan cahaya masuk dengan maksimal, sekaligus menghalangi pandangan yang tidak sedap dari luar apartemen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com