Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara agar Apartemen Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 18/07/2023, 13:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas menimbulkan banyak ketidaknyamanan, tidak hanya di rumah, namun juga di apartemen. Apartemen seharusnya lebih mudah untuk tetap sejuk daripada seluruh rumah, tetapi sebenarnya lebih rentan terhadap retensi panas.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (18/7/2023), apartemen sangat cepat menahan panas, membuatnya lebih panas daripada rumah, karena beberapa alasan. Pertama, apartemen adalah bangunan tinggi dan karena itu tidak memiliki banyak naungan seperti rumah akan membentuk pohon di sekitarnya.

Apartemen juga sering kali dikelilingi di hampir semua sisi oleh apartemen lain yang menghasilkan panasnya sendiri yang bergerak melalui dinding untuk menghangatkan apartemen.

Baca juga: 8 Cara agar Rumah Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas, Mudah Dilakukan

Ilustrasi apartemen studio.SHUTTERSTOCK/YAMPI Ilustrasi apartemen studio.

Ada pula fakta bahwa sebagian besar apartemen sering berlokasi di kota-kota yang lebih panas daripada pinggiran kota atau pedesaan karena polusi udara, seringkali membuat udara lebih lembap dan lebih panas secara keseluruhan.

Jadi, bagaimana cara mendinginkan apartemen saat cuaca panas tanpa AC? Berikut beberapa tipsnya menurut para ahli.

1. Gunakan tirai atau gorden yang tepat

Beberapa apartemen, terutama yang bertingkat tinggi, mungkin tidak memiliki jendela yang terbuka penuh atau jendela yang bisa dibuka untuk membantu menurunkan suhu.

Jika demikian, Brad Roberson, pakar HVAC dan presiden Aire Serv menyarankan untuk menggunakan tirai anti tembus pandang agar panas tidak masuk pada siang hari.

Baca juga: 6 Penyebab Rumah Terasa Lebih Panas Saat Musim Kemarau

Tirai anti tembus pandang dapat membantu membuat ruangan menjadi lebih sejuk dengan mengurangi panas, jelasnya.

Ini dilakukan dengan gorden yang memiliki kain tenun yang rapat. Desainnya menghalangi sinar matahari, dan sebagai hasilnya, suhu yang nyaman di apartemen dapat dipertahankan, ujar Roberson.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com