Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mendekorasi Ruangan Secara Berlebihan, Ini Dampak Buruknya

Kompas.com - 03/05/2024, 08:48 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi adalah salah satu cara mempercantik ruangan, membuatnya enak dilihat, serta memberi kenyamanan. 

Namun, mendekorasi ruangan tidak boleh dilakukan sembarangan dan secara berlabihan. Bukannya semakin indah, ruangan justru akan terlihat buruk dan tidak mengundang orang untuk masuk. 

Baca juga: Bawa Hoki, Ini Posisi Tangga Rumah yang Baik Menurut Feng Shui

Hal ini juga selaras dan dianjurkan dalam feng shui. Menurut feng shui, mendekorasi ruangan secara berlebihan merupakan salah satu kesalahan yang harus dihindari karena menyebabkan sirkulasi energi di dalam rumah menjadi terhambat.

Angelina Fang, pakar feng shui senior di Indonesia sekaligus pendiri layanan konsultasi feng shui ternama, Feng Shui Consulting Indonesia, menjelaskan ada sejumlah dampak buruk yang disebabkan dari mendekorasi ruangan secara berlebihan sehingga tidak dianjurkan melakukannya di rumah.

Angelina membagikan dua dampak buruk mendekorasi ruangan secara berlebihan kepada Kompas.com, Jumat (3/5/2024). 

Baca juga: Elemen Dekorasi yang Menghadirkan Energi Positif dan Negatif di Rumah Menurut Feng Shui

Merusak feng shui rumah 

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga.
Mendekorasi ruangan secara berlebihan dapat membuat rumah menjadi berantakan alih-alih indah.

Angelina mengatakan penggunaan elemen atau barang dekorasi yang terlalu banyak dapat membuat rumah seperti tempat penimbunan barang dekorasi

Tumpukan barang-barang dekorasi yang berlebihan dan kadang tumpang tindih malah akan membuat feng shui rumaha atau ruangan menjadi jelek.

Penyebabnya, kata Angelina, sirkulasi energi di dalam rumah atau ruangan menjadi mandek, tercemar dengan banyaknya kotoran atau polutan, seperti debu, dan terkadang bau.

Akumulasi ini akan membuat energi feng shui menjadi rusak dan akan membawa hal tidak baik untuk penghuninya, misalnya sakit atau konflik. 

Baca juga: Cara Menemukan Sudut Kekayaan di Rumah Menurut Feng Shui

Menyebabkan sakit 

Selanjutnya, dampak buruk mendekorasi ruangan secara berlebihan adalah menyebabkan sakit. 

Penempatan barang dalam jumlah banyak yang tidak sesuai dengan lima elemen feng shui dan Yin Yang juga dapat menimbulkan masalah.

Misalnya, koleksi barang-barang dekorasi dari logam, seperti jam, sepeda, dan mesin seharusnya tidak boleh ditempatkan di area timur rumah atau ruangan.

“Bila sering menggunakan ruangan tersebut (untuk elemen logam), akan membawa ketidakharmonisan terhadap organ yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti masalah kesehatan syaraf, kaki, tangan, liver, empedu, hormon, serta pencernaan,” ujar Angelina. 

Baca juga: 4 Lokasi Menempatkan Sofa yang Disarankan Feng Shui, di Mana Saja?

Ilustrasi ruang keluarga bergaya rustic modern dengan plafon balok dan batu alam pada dinding.Shutterstock/Artazum Ilustrasi ruang keluarga bergaya rustic modern dengan plafon balok dan batu alam pada dinding.
Maka itu, Angelina menyarankan tidak perlu mendekorasi ruangan menggunakan  elemen tertentu secara berlebihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com