Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2024, 17:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Para pemilik rumah bisa berkreasi sesuai dengan keinginan. 

Selain menghadirkan gaya pribadi, saat mendekorasi rumah juga penting untuk mempertimbangkan tren desain kekinian. Tak ada salahnya untuk mengikuti tren dekorasi terkini agar rumah tidak terlihat kuno. 

Baca juga: Hati-hati, 6 Hal Ini Dapat Membuat Rumah Terlihat Kuno

Ada beberapa hal yang bisa membuat rumah terlihat kuno dan ketinggalan zaman. Dilansir dari House & Garden, Selasa (5/3/2024), berikut beberapa penyebab rumah terlihat kuno yang perlu diketahui. 

Menggunakan furnitur yang sama

ilustrasi ruang tamu berwarna cokelatShutterstock/alexandre zveiger ilustrasi ruang tamu berwarna cokelat

Sofa merupakan salah satu furnitur yang ada di rumah. Selain fungsional, sofa juga bisa menjadi ornamen dekorasi. 

Namun, penting untuk memahami bahwa sofa yang seragam bisa membuat rumah terlihat lebih kuno. 

Baca juga: 7 Tren Warna Sofa 2024 yang Cantik dan Kekinian

Jika ingin menggunakan beberapa sofa di rumah, sebaiknya pilih sofa dengan bentuk berbeda untuk memberikan kesan menarik di dalam ruangan. 

Meskipun furnitur dibuat tidak seragam, sebaiknya ada hal yang bisa membuat furnitur-furnitur tersebut tetap terlihat serasi. Misalnya, dengan memilih material maupun tekstur yang sama. 

Memasang tirai pendek

Selanjutnya, penyebab rumah terlihat kuno yaitu menggunakan tirai yang pendek. Tirai yang terlalu pendek membuat jendela terlihat kurang menarik. 

Oleh dari itu, jika ingin menggunakan tirai, sebaiknya pilih tirai yang panjang. Selain membuat ruangan terlihat lebih cantik, tirai panjang juga bisa memberikan ilusi ruangan lebih tinggi. 

Selain memperhatikan ukuran tirai, pertimbangkan juga warna dan motif tirai. Sesuaikan warna dan motif pada tirai dengan konsep interior ruangan. 

Baca juga: 6 Ide Tirai Ruang Tamu yang Cantik dan Menarik

Pencahayaan yang buruk

Pencahayaan harus direncanakan dengan cermat agar rumah tidak terlihat ketinggalan zaman. Pencahayaan yang buruk akan merusak tampilan ruangan yang indah. 

Pencahayaan sebaiknya disesuaikan dengan warna dinding atau furnitur. Pilihlah pencahayaan berlapis dan hangat dengan kombinasi lampu gantung, dinding, lantai, dan meja. 

Adapun contoh pencahayaan yang ketinggalan zaman seperti hanya menggunakan lampu besar di tengah-tengah langit atau menggunakan deretan lampu sorot di dapur. 

Terlalu banyak menggunakan lemari berbentuk kotak

Ilustrasi lemari pakaian di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/TOYAKISPHOTO Ilustrasi lemari pakaian di kamar tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com