Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Lantai Bergaya Skandinavia yang Cantik dan Nyaman

Kompas.com - 14/02/2024, 18:47 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya Skandinavia cocok digunakan di semua ruangan. Desain interior bergaya Skandinavia mengutamakan kesan sederhana, namun tetap cantik dan nyaman.

Setiap sudut ruangan bisa di dekorasi dengan gaya Skandinavia, tak terkecuali lantai ruangan. Rumah bergaya Skandinavia banyak umumnya menggunakan lantai kayu yang memberikan kesan cerah dan nyaman di ruangan.

Dilansir dari Flooring Inc, Rabu (14/2/2024), berikut ini ide lantai bergaya Skandinavia yang membuat ruangan terlihat lebih cantik dan nyaman.

Baca juga: 6 Ide Lantai Dapur yang Cantik dan Menawan

Lantai kayu

Ilustrasi ruang tamu dengan furnitur dan lantai kayu.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang tamu dengan furnitur dan lantai kayu.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa rumah Skandinavia banyak menggunakan lantai kayu karena tampilannya cantik dan alami.

Pilihlah lantai kayu yang terang dengan finishing matte untuk membuat ruangan terasa lebih cerah dan halus.

Selain warna dan finishing-nya, ukuran lantai juga penting untuk dipertimbangkan. Sebaiknya, pilih lantai yang lebar untuk memberikan tampilan visual yang luas.

Baca juga: Plus Minus Lantai Kayu dan Vinil, Mana Lebih Baik?

Lantai laminasi

Selain lantai kayu, ide lantai bergaya Skandinavia lainnya yaitu lantai laminasi. Lantai laminasi bisa menjadi pengganti lantai kayu karena secara tampilan mirip dengan lantai kayu.

Lantai laminasi diketahui tahan lama karena memiliki bahan pelapis yang kuat, sehingga lantai ini cocok digunakan di ruangan yang sering digunakan.

Kelebihan lainnya dari lantai laminasi yaitu tahan gores dan tahan air. Maka dari itu, lantai laminasi aman saat dipasang di tempat lembap.

Baca juga: Lantai Laminasi Vs Linoleum, Mana yang Terbaik untuk Rumah?

Lantai vinil

Ide lantai bergaya Skandinavia lainnya yaitu lantai vinil. Lantai ini mudah dipasang, tahan lama, dan terlihat seperti kayu alami.

Jenis lantai vinil sangat beragam. Dianjurkan untuk memilih lantai vinil tahan air, agar lebih aman dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Selain cantik, perawatan lantai vinil juga relatif mudah. Cukup sapu dan pel untuk menghilangkan debu dan noda yang menempel di lantai tersebut.

Lantai kayu keras yang direkayasa

Ilustrasi kamar mandi dengan lantai kayu. Suleyman Ozkan Ilustrasi kamar mandi dengan lantai kayu.

Lantai kayu keras yang direkayasa juga bisa digunakan di rumah Skandinavia. Lantai ini terbuat dari veneer kayu alami dan inti buatan.

Baca juga: Mengapa Lantai Kayu Tampak Kusam? Ini 7 Penyebabnya

Lantai kayu olahan ini lebih tahan terhadap kelembapan tinggi dibandingkan lantai kayu keras padat. Lantai kayu keras yang sudah diolah memberikan tampilan visual yang cantik dan menarik.

Nah, itulah beberapa ide lantai bergaya Skandinavia. Pemilihan lantai yang tepat akan membuat ruangan lebih nyaman dan estetik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com