Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Benda dan Permukaan di Rumah yang Kerap Lupa Menyedot Debu

Kompas.com - 14/02/2024, 07:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyedot debu menjadi tugas membersihkan rumah yang harus dilakukan rutin.

Seberapa sering harus menyedot debu ditentukan oleh jenis lantai yang Anda miliki dan jumlah lalu lintas yang diterima rumah. 

Baca juga: 6 Cara Membasmi Tungau Debu dari Rumah

Para ahli sepakat bahwa Anda harus menyedot debu cepat di rumah setidaknya sekali seminggu. Namun, lantai bukanlah satu-satunya permukaan yang harus dibersihkan.

Ada banyak ruang dan permukaan lain di rumah yang mungkin Anda lupa untuk menyedot debu. Padahal, area ini harus mendapat perhatian secara ekstra saat menyedot debu.

Mulai dari, bantal sofa hingga tirai kamar tidur, tempat-tempat di rumah ini dapat dengan cepat mengumpulkan debu, remah-remah, dan kotoran. Pembersihan ini perlu dimasukkan ke jadwal rutin Anda menyedot debu. 

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (13/2/2024), berikut sejumlah benda dan permukaan di rumah yang kerap lupa menyedot debu.  

Baca juga: 5 Cara Mencegah Debu Menempel di Pintu Masuk Rumah

Tangga

Ilustrasi tangga.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi tangga.
Meski digunakan setiap hari, tangga sering kali terlewatkan saat tiba waktunya menyedot debu.

Jangan gunakan penyedot debu standar untuk tugas ini—akan sulit menemukan stopkontak dalam jangkauan tangga. Meski Anda memiliki versi tanpa kabel, akan sulit memegangnya pada sudut yang tepat untuk menyedot debu setiap langkah.

Alih-alih gunakan penyedot debu genggam ringan (atau alat penyedot debu) yang dapat menjangkau sudut dan celah terkecil sekalipun. 

Baca juga: 5 Kesalahan Membersihkan Debu yang Membuat Rumah Lebih Kotor

Tempat tidur hewan peliharaan

Selanjutnya, benda dan permukaan di rumah yang kerap lupa menyedot debu adalah tempat tidur hewan peliharaan. Tempat nongkrong favorit hewan peliharaan dapat dengan cepat berubah menjadi sarang bulu dan bulu hewan peliharaan.

Jaga kebersihan tempat tidur hewan peliharaan dengan menyedot debu bagian dalam dan luar, lalu gunakan sikat serat untuk mengambil sisa bulu.

Pertimbangkan juga mencuci tempat tidur atau penutupnya setiap beberapa bulan. Banyak yang memiliki lapisan yang dapat dilepas dan mudah dimasukkan ke mesin cuci.

Berikan perhatian khusus juga pada tempat favorit anjing atau kucing yang lain. Jika hewan peliharaan cenderung bersantai di kursi atau bantalan sofa tertentu, berikan juga penyedot debu yang baik setiap minggunya. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah dan Membersihkan Debu dari Rumah

 

Di antara bantal sofa

Ilustrasi sofa di ruangan sempitSHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi sofa di ruangan sempit
Jika pernah menikmati semangkuk popcorn di sofa, berhati-hatilah. Biji-bijian yang tersesat mungkin akan tertutup remah-remah, rambut, dan debu, yang semuanya berada di antara bantal.

Meski Anda tidak sering ngemil di sofa, sofa engan cepat mengumpulkan rambut, debu, dan benda kecil. Sebulan sekali, lepaskan sofa serta gunakan alat pelapis untuk menyedot alas dan semua bantal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com