Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tanda Kanker pada Anjing yang Perlu Diketahui Pemilik

Kompas.com - 10/02/2024, 16:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kanker adalah penyebab utama kematian pada anjing. Banyak anjing yang mengalami kanker tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit, setidaknya pada awalnya. 

Tanda kanker pada anjing tidak terlihat jelas dan berbeda-beda pada setiap sahabat bulu. Ketika seekor anjing sudah cukup sakit, gejala kanker bisa sangat parah dan muncul secara tiba-tiba. 

Baca juga: Tanda Anjing Ketakutan dan Cara Mencegahnya

Namun, jika dokter hewan dapat mendiagnosis kanker sejak dini, anjing peliharaan bakal memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hidup dengan pengobatan.

Maka itu, penting mempelajari tanda-tanda peringatan kanker sekarang sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan jika anjing peliharaan sakit.

Dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (10/2/2024), berikut sejumlah tanda kanker pada anjing yang perlu diketahui pemilik.  

Benjolan dan gumpalan 

Ilustrasi anjing Shetland sheepdogs. Shutterstock/Lisjatina Ilustrasi anjing Shetland sheepdogs.
Benjolan, gumpalan, pertumbuhan, massa, atau tumor dapat muncul di mana saja di dalam tubuh. Beberapa benjolan merupakan pertumbuhan jinak yang muncul seiring bertambahnya usia anjing atau karena faktor genetik.

Namun, benjolan yang lain bisa bersifat kanker dan memerlukan perhatian medis segera untuk mencegah metastasis (penyebaran).

Kunjungi dokter hewan jika benjolan yang ada berubah bentuk atau ukurannya, pecah, mengeluarkan cairan, atau mulai mengganggu anjing peliharaan.

Dokter hewan akan memeriksa sahabat bulu dan menjalankan tes untuk menentukan jenis pertumbuhan yang ada serta menentukan apakah pengobatan diperlukan. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Skotlandia yang Lucu dan Setia, Ada di Indonesia

Perut bengkak atau kembung

Selanjutnya, tanda kanker pada anjing adalah perut bengkak atau kembung. Jika perut anjing peliharaan terlihat membesar atau kembung, segera temui dokter hewan.

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan perut buncit. Tumor di perut dapat menyebabkan penumpukan cairan sehingga memperbesar perut meski tumornya masih relatif kecil.

Penyebab potensial lainnya adalah kondisi mematikan yang disebut GDV atau “penggembungan”. 

Kelesuan atau depresi

Ilustrasi anjing.Shutterstock/Ksenia Raykova Ilustrasi anjing.
Jika anjing lesu, tertekan, atau hanya merasa "tidak sehat", biasanya hal ini berarti ada yang tidak beres dengan kesehatannya.

Apabila masalah ini teratasi dengan sendirinya, tapi perlu diperhatikan jika terjadi lagi. Jika perubahan tingkat aktivitas, suasana hati, atau perilaku berlanjut selama beberapa hari atau disertai gejala lain, Anda harus menghubungi dokter hewan. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Asal Amerika Serikat yang Populer dan Mendunia

Penurunan berat badan

Penurunan berat badan adalah tanda kanker pada anjing yang umum, tetapi ada berbagai masalah kesehatan yang dapat menyebabkan berat badan anjing turun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com