Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan Menggunakan Sabun Castile

Kompas.com - 07/01/2024, 17:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, pembersih rumah yang ramah lingkungan sedang naik daun. Banyak orang beralih ke bahan-bahan alami untuk membersihkan perlengkapan rumah karena lebih aman.

Salah satu bahan pembersih alami yang bisa digunakan sayuti castile atau castile soap. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (7/1/2024), nama castile diadopsi dari kerasaan di Spanyol atau Kerajaan Kastile.

Baca juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dicuci Menggunakan Sabun, Apa Saja?

Sabun castile adalah sabun yang terbuat dari minyak nabati, seperti minyak zaitun. Sabun ini tidak mengandung produk hewani apapun.

Terkadang, terdapat sabun castile yang mengandung minyak esensial. Sabun castile mulai banyak digunakan untuk membersihkan perlengkapan rumah.

Berikut ini beberapa benda di rumah yang bisa dibersihkan menggunakan sabun castile.

Meja dapur dan kompor

Ilustrasi membersihkan kompor kaca.Shutterstock/Iurii Stepanov Ilustrasi membersihkan kompor kaca.

Sabun castile merupakan pembersih serbaguna yang bisa digunakan untuk membersihkan sebagian besar permukaan, kecuali granit dan marmer. Sabun ini bisa dicairkan terlebih dahulu dalam air, kemudian isi dalam botol semprot.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Kompor Kaca tanpa Menggoresnya

Semprotkan larutan sabun ke atas meja dan kompor, lalu lap dengan kain lembut. Jika ada kotoran atau minyak yang membandel, taburkan sedikit soda kue dan gosok perlahan.

Akan tetapi, soda kue sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan kompor kaca karena bisa membuat permukaan tergores.

Lantai beton

Lantai beton juga termasuk benda di rumah yang bisa dibersihkan menggunakan sabun castile. Tambahkan sedikit sabun castile ke dalam air panas, lalu gunakan campuran tersebut untuk mengepel lantai.

Setelah itu, bilas lantai secara menyeluruh agar tidak ada endapan sabun. Jangan gunakan larutan sabun castile pada lantai marmer, granit, atau kayu berlapis lilin karena bisa merusak permukaan lantai tersebut.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Lantai Beton dengan Mudah

Karpet

Sabun castile juga bisa digunakan untuk membersihkan karpet. Cukup campurkan karpet ke dalam air, lalu gunakan untuk membersihkan karpet yang kotor.

Pastikan untuk menggunakan air suling agar tidak ada residu yang tertinggal. Disarankan juga untuk membilas karpet sebanyak dua kali dengan menambahkan cuka dan air agar bersih maksimal.

Jendela, kaca, dan cermin

Jika kehabisan pembersih kaca di rumah, maka sabun castile bisa dimanfaat untuk membersihkan permukaan jendela, kaca, maupun cermin.

Tambahkan satu sendok makan sabun castile ke dalam satu liter air di dalam botol semprot. Lalu, semprotkan ke permukaan kaca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com