Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2023, 21:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Molly Maid


JAKARTA, KOMPAS.com - Para orang tua harus memeperhatikan kebersihan mainan anak. Sebab, mainan anak selalu dipegang dan berada di dekat anak-anak setiap harinya.

Bahkan, bagi para balita, seringkali mainan dimasukkan ke dalam mulut. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan mainan anak agar tidak menjadi tempat persebaran kuman dan bakteri.

Baca juga: Tips Membersihkan dan Mendisinfeksi Mainan Anak

Mencuci mainan anak sebenarnya tidak sulit. Namun, perlu memperhatikan material mainan tersebut agar tidak rusak saat dibersihkan.

Dikutip dari Molly Maid, Rabu (27/12/2023), berikut cara mencuci mainan anak dengan mudah agar bersih dan higienis.

Mencuci dalam mesin cuci

Ilustrasi mencuci mainan boneka dengan mesin cuci.SHUTTERSTOCK/STOCK-ASSO Ilustrasi mencuci mainan boneka dengan mesin cuci.

Mainan anak ternyata ada yang bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci. Namun, sebelum mencucinya alangkah baiknya untuk membaca label perawatan terlebih dahulu.

Dengan demikian siklus pencucian dan suhu air sesuai dengan perawatan mainan tersebut. Untuk mencuci mainan anak di dalam mesin cuci, cukup masukkan mainan ke dalam mesin cuci, lalu tambahkan bahan pembersih dan air.

Baca juga: Panduan Cara Mencuci Boneka Menggunakan Mesin Cuci

Lalu jalankan siklus pencucian sampai mainan kembali bersih. Jika mainan berukuran kecil, sebaiknya masukkan mainan ke dalam kantong jaring atau sarung bantal agar mainan tidak berceceran di dalam mesin.

Mencuci dalam mesin cuci piring

Selain menggunakan mesin cuci baju, mesin cuci piring juga bisa digunakan untuk mencuci mainan. Cara mencuci mainan anak dalam mesin cuci piring yaitu masukkan sabun cuci piring dan air panas ke dalam mesin.

Lalu, masukkan mainan anak dan nyalakan mesin. Jika tidak memiliki mesin cuci piring, maka mainan bisa dicuci menggunakan tangan.

Namun, jika mainan memiliki komponen elektronik maupun terbuat dari kayu, maka mainan perlu dibersihkan satu per satu.

Baca juga: 3 Cara Mencuci dan Membersihkan Mainan Anak agar Bebas Kuman

Menggunakan pemutih

Pemutih juga bisa digunakan untuk mencuci mainan. Caranya, tutup saluran pembuangan wastafel, kemudian penuhi wastafel dengan air dan tambahkan pemutih.

Lalu, rendam mainan anak dalam larutan pemutih dan diamkan selama lima menit. Selanjutnya, bilas mainan dan keringkan di udara terbuka.

Bersihkan menggunakan larutan cuka

Ilustrasi mainan anak.UNSPLASH/JERRY WANG Ilustrasi mainan anak.

Selain pemutih, campuran air dan cuka juga bisa membersihkan mainan yang kotor. Cara membersihkan mainan anak dengan larutan cuka cukup semprotkan larutan tersebut ke mainan yang kotor.

Berikutnya, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Pastikan untuk menyeka sisa larutan cuka untuk mengurangi aroma cuka yang menyengat.

Baca juga: Cara Aman Mencuci dan Menjemur Boneka Mainan Anak

Metode pembersihan ini cocok untuk mainan keras, namun tidak ideal untuk mainan mewah atau boneka kain.

Nah, itulah cara mencuci mainan anak dengan mudah. Lakukan pencucian secara rutin agar mainan selalu bersih dan higienis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com