Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menata Ruang TV Agar Terlihat Lebih Rapi

Kompas.com - 25/12/2023, 17:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang televisi menjadi ruangan penting di rumah karena biasanya digunakan untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Maka dari itu, faktor kenyamanan di ruangan ini penting untuk diperhatikan.

Selain memperhatikan kenyamanan, ruang TV juga perlu dibuat secantik mungkin agar rumah terlihat lebih menarik. Penataan ruang TV juga harus dilakukan dengan benar agar terlihat rapi, sebab di ruang TV biasanya terdapat furnitur maupun ornamen dekorasi lain.

Dikutip dari Home My Design, Senin (25/12/2023), berikut cara menata ruang TV agar terlihat lebih rapi dan menarik.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang TV Sempit di Rumah agar Nyaman

Letakkan TV di meja khusus

Ilustrasi TV di ruang keluarga.Shutterstock/Serhii Savchenko Ilustrasi TV di ruang keluarga.

Meletakkan TV di atas meja TV merupakan cara menata ruang TV yang paling klasik dan populer. Meja TV bisa disesuaikan dengan konsep interior ruangan.

Jangan lupa untuk menyesuaikan bentuk dan ukuran meja dengan luas ruangan. Umumnya, meja TV bergabung dengan lemari penyimpanan, sehingga lebih fungsional.

Pasang TV di dinding

Saat ini, banyak pemilik rumah yang memasang televisi dengan cara menempelkan di dinding. Cara pemasangan seperti ini sangat dianjurkan jika di rumah terdapat anak-anak. Sebab, televisi yang ditempel di dinding sulit dijangkau anak-anak.

Selain aman, memasang TV di dinding juga bisa menghemat ruangan, sehingga cocok juga untuk rumah kecil.

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Ruang TV Menjadi Menyenangkan

Kombinasikan dengan pigura foto atau lukisan

Cara menata ruang TV lainnya yaitu mengkombinasikan TV dengan pigura foto atau lukisan. Televisi bisa ditempelkan di dinding dan pigura foto atau lukisan di tempel di sekitarnya.

Cara ini akan membuat TV tidak mendominasi dinding dan membuat tampilan ruang TV lebih halus. Selain itu, pigura foto dan lukisan juga membuat tampilan ruang TV lebih menarik.

Tambahkan tempat duduk

Selain meletakkan TV di meja atau lemari, TV juga bisa diletakkan di dekat area duduk. Maka dari itu, di ruang TV perlu ditambah tempat duduk berupa kursi maupun sofa panjang.

Tempat duduk akan membuat suasana di ruangan tersebut lebih nyaman dan hangat. Untuk menambahkan kehangatan ruangan, letakkan juga karpet di bawah kursi.

Baca juga: 6 Ide Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga Saat Tidak Menyala

Buat area yang bisa menyembunyikan TV

Ilustrasi TV di ruang keluarga.Shutterstock/Gorodenkoff Ilustrasi TV di ruang keluarga.

TV di rumah tidak selalu dinyalakan. Ada kalanya TV tidak digunakan karena terlalu sibuk atau alasan lain.

Maka dari itu, sebaiknya buat area yang bisa menyembunyikan TV saat tidak digunakan. Dengan demikian, ruang TV terlihat lebih rapi dan bersih.

Letakkan TV di rak

Terakhir, cara menata ruang TV yaitu meletakkan TV di rak yang disusun di sudut ruangan.

Gunakan rak yang cukup besar agar bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang lain seperti buku, pigura foto, maupun ornamen dekorasi lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com