Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Saat Merayakan Natal

Kompas.com - 24/12/2023, 19:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu ruangan yang paling sering digunakan saat Natal. Dapur tak hanya digunakan untuk memasak, namun juga bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Biasanya, saat Natal banyak keluarga yang datang ke rumah dan memasak bersama. Hal inilah yang membuat dapur lebih mudah kotor saat Natal dan tahun baru.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Untuk memberikan kenyamanan, jagalah kebersihan dan kerapian dapur selama perayaan Natal. Dikutip dari Eloise Cleans, Minggu (24/12/2023), berikut tips menjaga kebersihan dapur saat merayakan Natal.

Bersihkan seluruh area dapur sebelum digunakan

Ilustrasi membersihkan dapurShutterstock/Stock-Asso Ilustrasi membersihkan dapur

Sebelum Natal tiba, bersihkan terlebih dahulu seluruh area dapur. Mulailah dengan membersihkan wastafel, meja dapur, dan lantai.

Jangan lupa untuk mengosongkan tempat sampah agar area dapur tetap bersih dan tidak bau.

Baca juga: Cara Membersihkan Dapur dengan Cepat, Hanya 15 Menit

Segera lap noda di dapur

Jika terdapat noda akibat cipratan minyak atau tumpahan makanan, segeralah untuk membersihkan noda tersebut. Caranya dengan mengelap noda menggunakan kain mikrofiber yang bersih.

Segera membersihkan noda tak hanya membuat dapur tetap bersih, namun juga bisa mengurangi risiko noda mengerak.

Cuci piring kotor setelah digunakan

Tips menjaga kebersihan dapur saat merayakan Natal yaitu mencuci piring kotor setelah digunakan. Sebelum dicuci, sebaiknya piring kotor direndam di wastafel atau ember besar dengan air sabun hangat.

Tujuannya agar noda di piring kotor lebih mudah terangkat. Setelah itu, seka piring menggunakan spons sampai semua noda bersih, kemudian bilas dan keringkan.

Baca juga: Bisa, 5 Cara Mencuci Piring Tanpa Sabun

Buang sampah di tempatnya

Jika terdapat sampah, segeralah membuangnya di tempat sampah. Sebab, sampah yang berceceran akan membuat dapur terlihat kotor dan tidak rapi.

Sebaiknya, gunakan tempat sampah yang tertutup agar tidak memicu aroma tak sedap di dapur. Apabila tempat sampah sudah penuh, segeralah mengosongkan tempat sampah agar dapur tetap bersih dan nyaman.

Bersihkan kulkas

Ilustrasi membersihkan kulkas. SHUTTERSTOCK/ELNUR Ilustrasi membersihkan kulkas.

Bagian dapur yang juga perlu rutin dibersihkan selama perayaan Natal yaitu kulkas. Sebab, biasanya saat Natal ada banyak makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas, sehingga kulkas lebih mudah kotor.

Baca juga: Mudah dan Cepat, Begini Cara Membersihkan Kulkas dalam 15 Menit

Maka dari itu, penting untuk rutin mengecek kondisi kulkas dan membersihkannya. Tak hanya membersihkan secara mendalam, cukup lap area yang bernoda dan pastikan makanan maupun minuman sisa di tempatkan di wadah kedap udara agar tidak menimbulkan aroma tak sedap.

Itulah beberapa tips menjaga kebersihan dapur saat merayakan Natal. Dapur yang bersih akan memberikan rasa nyaman dan membuat rumah lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com