Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Jaket dengan Benar Berdasarkan Bahannya

Kompas.com - 20/12/2023, 15:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Jaket adalah jenis baju luar yang menutup bagian leher sampai pinggang dan memiliki bukaan depan. Sama seperti pakaian lainnya, jaket juga perlu dirawat agar awet.

Salah satu perawatan jaket yang perlu dilakukan yaitu mencuci jaket dengan benar. Teknik mencuci jaket harus disesuaikan dengan bahan jaket tersebut.

Sebab, setiap jenis bahan membutuhkan perlakuan yang berbeda. Dikutip dari Comfort World dan Electrolux, Rabu (20/12/2023), berikut cara mencuci jaket berdasarkan bahannya.\

Baca juga: Tak Perlu ke Laundry, Begini Cara Tepat Mencuci Jaket Parasut

Cara membersihkan jaket kulit

Ilustrasi jaket kulitPEXELS/MART PRODUCTION Ilustrasi jaket kulit

Jaket kulit banyak disukai karena tampilannya yang menarik dan biasanya dikenakan saat mengendarai sepeda motor. Namun, perawatan jaket kulit harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak material pakaian tersebut.

Sebelum membersihkan jaket kulit, baca terlebih dahulu label perawatan pakaian tersebut. Selanjutnya, campurkan air dan sabun.

Lalu, gunakan spons lembut dan bersih untuk membersihkan kotoran, debu, dan kotoran lembut. Berikan perhatian khusus para kerah dan manset.

Bersihkan jaket kulit dengan gerakan memutar yang lembut agar semua kotoran terangkat tanpa merusak kulit. Setelah kotoran hilang, gunakan kain bersih dan kering untuk menyka air.

Jika jaket terlihat agak kusam, gunakan sedikit wax [ela[is dengan kain lembut untuk menghaluskan kulit.

Baca juga: Cara Mencuci Jaket Tahan Air agar Tidak Cepat Rusak

Cara mencuci jaket denim

Selain jaket kulit, jaket denim juga banyak disukai karena tampilannya bagus dan terlihat sederhana.

Sama seperti jaket kulit, proses membersihkan jaket denim juga harus hati-hati agar tidak merusak kain jaket tersebut. Berikut ini beberapa cara membersihkan jaket denim yang perlu diperhatikan.

  • Noda kecil

Sebelum membersihkan noda kecil pada kain jeans, perhatikan terlebih dahulu warna denim. Jika warnanya tua atau sangat berpigmen, penggosokan yang kuat dapat menyebabkan perubahan warna dan membuat area tersebut terlihat lebih cerah.

Periksa juga label perawatan jaket tersebut. Mulailah memberikan noda hanya dengan air agar tidak merusak warna jaket denim tersebut.

Sementara itu, untuk noda yang membandel, tambahkan setetes detergen dalam air dan bersihkan perlahan menggunakan sikat gigi yang lembut.

Baca juga: Cara yang Benar Mencuci Pakaian Berbahan Denim Menurut Ahli Tekstil

Jaket denim ternyata bisa dicuci dalam mesin. Namun, sebelum mencuci jaket denim dalam mesin cuci, baca terlebih dahulu label perawatan yang terpasang di jaket tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com