Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2023, 08:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai vinyl adalah salah satu jenis lantai yang banyak digunakan sebagai pelapis lantai. Namun demikian, salah satu risiko penggunaan lantai vinyl adalah risiko licin.

Dikutip dari House Digest, Rabu (20/12/2023), seringkali, sifat licin pada lantai vinyl disebabkan oleh bahan pembersih berbahan dasar minyak atau lilin, atau bahan yang menumpuk seperti sabun, pelembap, atau semir lantai.

Akan tetapi, jangan khawatir, sebab ada beberapa solusi untuk membantu meminimalkan bahaya lantai vinyl licin, tidak perlu melakukan pembongkaran dan penggantian lantai vinyl.

Baca juga: 6 Tren Lantai Rumah pada 2024 yang Cantik dan Menarik Menurut Ahli

Ilustrasi lantai vinyl. SHUTTERSTOCK/LUCKEYMAN Ilustrasi lantai vinyl.

Selama kondisi keseluruhan lantai vinyl masih baik dan tidak menimbulkan bahaya tersandung, perawatan yang tepat dapat membantu menghilangkan kontaminan permukaan yang membuatnya berisiko licin.

Sebelum membersihkan lantai vinyl, baca penjelasan dan rekomendasi pembersihan dari pabrikan. Beberapa produk memiliki batasan mengenai apa yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan lantai vinyl.

Cara membersihkan lantai vinyl yang benar

Biasanya, membersihkan lantai vinyl dengan produk berbahan dasar minyak atau lilin dapat membuat permukaannya lebih rentan rusak.

Anda tidak perlu melakukan waxing pada permukaan ini dengan cara apa pun, karena permukaan tersebut telah memiliki lapisan pelindung pada permukaannya untuk membantu menjaga keindahan, daya tahan, dan fitur tahan airnya.

Baca juga: 5 Warna yang Cocok untuk Lantai Kamar Mandi Berwarna Hitam Putih

Anda tidak perlu menambahkannya kecuali pabrikan memerintahkan Anda melakukannya.

Anda juga mungkin menggunakan sejenis semir lantai atau sabun yang dapat menempel pada permukaan lantai vinyl sehingga meningkatkan risiko licin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com