Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Karat di Kompor agar Kembali Kinclong

Kompas.com - 16/12/2023, 13:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Strobles


JAKARTA, KOMPAS.com – Tumpahan minyak dan makanan saat memasak bisa menyebabkan kompor mudah berkarat. Biasanya, bagian yang sering berkarat yaitu bagian pembakar yang dekat dengan api.

Karat menyebabkan kompor terlihat tidak cantik. Selain itu, karat juga menyebabkan fungsinya terganggu. Jika tidak segera diatasi, karat akan membuat kompor rusak dan tidak bisa digunakan selamanya.

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Gas Berkarat

Tapi tak perlu risau, karena ternyata menghilangkan noda karat di kompor tidak sulit. Dikutip dari Strobles, Sabtu (16/12/2023), berikut cara menghilangkan noda karat di kompor agar kembali bersih dan kinclong.

Cuka dan soda kue

Ilustrasi membersihkan kompor berkarat.Shutterstock/VittoriaChe Ilustrasi membersihkan kompor berkarat.
Bahan dapur seperti cuka dan soda kue ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan karat di kompor. Jika kedua bahan tersebut dicampur, maka hasilnya akan efektif.

Caranya, campurkan cuka putih dan soda kue dengan perbandingan yang sama sampai terbentuk pasta.

Selanjutnya, oleskan pasta tersebut ke kompor yang berkarat dan pastikan semua pasta menutup permukaan yang berkarat. Biarkan pasta menempel selama 30 menit.

Dengan menggunakan spons atau kain, gosok area yang berkarat dengan gerakan memutar. Berikan sedikit tekanan untuk memastikan karat terangkat.

Lalu, lap dengan kain lembap untuk menghilangkan sisa pasta pembersih yang masih menempel. Terakhir, keringkan dengan kain bersih.

Jika noda karat belum hilang, ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali sampai semua noda karat terangkat.

Baca juga: Simak, Trik Membersihkan Kompor Tanam

Jus lemon dan garam

Jus lemon yang asam bisa membantu memecah noda karat. Sedangkan, garam yang bersifat abrasif dapat membantu membersihkan permukaan yang berkarat.

Jika yang berkarat area pembakar, maka angkat pembakar dan masukkan ke dalam mangkuk. Selanjutnya, peras lemon sampai airnya keluar dan menutup seluruh bagian pembakar kompor yang karatan.

Lalu, taburkan banyak garam ke dalam jus lemon. Garam yang bersifat abrasif bisa membantu menghilangkan karat.

Biarkan campuran jus lemon dan garam menempel di area yang berkarat selama kurang lebih satu jam. Gosok menggunakan spons atau kain dengan gerakan memutar dan bertekanan agar karat hilang.

Terakhir, bilas pembakar kompor dengan air sampai sisa jus lemon dan garam hilang, kemudian keringkan secara menyeluruh dengan kain bersih dan letakkan kembali di atas kompor.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Kompor Kaca tanpa Menggoresnya

Minuman berkarbonasi

Selain rasanya enak, minuman berkarbonasi ternyata bisa digunakan untuk membersihkan karat di kompor. Hal tersebut dikarenakan minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat, sehingga karat bisa hilang dengan mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com