Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Lantai Putih agar Kembali Kinclong

Kompas.com - 06/12/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comLantai putih akan membuat rumah terasa lebih luas dan terang. Akan tetapi, kekurangan dari lantai putih yaitu kotoran mudah terlihat, sehingga perlu rutin dibersihkan.

Kamu bisa membersihkan lantai menggunakan sapu untuk menghilangkan debu. Kemudian, membersihkan menggunakan kain pel untuk menyeka kotoran yang menempel dna mengembalikan warnanya yang cerah.

Dikutip dari Apartment Therapy, Rabu (6/11/2023), berikut ini cara membersihkan lantai putih berdasarkan bahannya.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Lantai Teraso dengan Mudah

Lantai ubin

Ilustrasi mengepel lantai, membersihkan lantai ubin.SHUTTERSTOCK/A3PFAMILY Ilustrasi mengepel lantai, membersihkan lantai ubin.

Ubin bisa terbuat dari berbagai bahan. Pada lantai ubin biasanya terdapat nat. Maka dari itu, saat membersihkan ubin, sebaiknya tidak menggunakan spons karena bisa membuat kotoran tersangkut di celah nat.

Kondisi ini akan membuat lantai terlihat kotor dan basah lebih lama. Material ubin yang beragam membuat bahan pembersih yang digunakan harus sesuai dengan material tersebut.

Pada ubin keramik, kamu bisa membersihkannya menggunakan larutan air hangat dan sabun cuci piring. Kemudian, oleskan menggunakan kain pel atau kain pembersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Menggunakan Steam Mop

Pastikan untuk sering mengganti air. Kemudian, keringkan lantai menggunakan kain lembut. Sedangkan untuk ubin porselen, kamu bisa membuat campuran cuka dan air hangat.

Kemudian, gunakan sikat berbulu halus untuk mengoleskan campuran bahan pembersih tersebut. Basahi seluruh lantai dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Terakhir, bersihkan dengan air hangat dan keringkan menggunakan kain bersih.

Sementara itu, untuk membersihkan nat ubin, kamu bisa menggunakan pasta dari soda kue dan air. Kemudian, gunakan sikat nat atau kat gigi untuk membersihkan nat secara perlahan.

Lalu, bersihkan dengan air hangat dan keringkan menggunakan kain lembut. Untuk noda yang membandel, kamu bisa membersihkan menggunakan larutan dari pemutih dan air. aplikasikan dengan sikat gigi atau sikat nat dan pastikan pemutih tidak mengenai ubin.

Lantai marmer dan granit

Cara membersihkan lantai putih dari bahan marmer dan granit bisa menggunakan pembersih ringan yang pH-nya netral.

Kamu bisa menyemprotkan bahan pembersih tersebut dan bersihkan dengan spons serta air hangat. Lalu keringkan dengan lap bersih.

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Lantai Marmer agar Tetap Berkilau

Ilustrasi membersihkan lantai putihShutterstock/VesnaArt Ilustrasi membersihkan lantai putih

Lantai linoleum

Linoleum mirip seperti vinil, namun sedikit lebih khusus. Untuk membersihkan lantai linoleum, kamu bisa menggunakan pembersih khusus atau larutan boraks.

Sementara itu, cara menjaga linoleum pertimbangkan untuk melakukan waxing dan buffing 2 hingga 3 kali setahun.

Lantai kayu

Lantai kayu bisa berwarna putih karena sudah dicat atau karena terbuat dari bambu putih. Cara membersihkan lantai putih dari kayu, kamu bisa mengepel menggunakan uap atau pel yang sangat basah.

Jangan bersihkan menggunakan cuka dan bahan pembersih asam lainnya. Setelah bersih, keringkan lantai menggunakan kain bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com