Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2023, 17:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comMawar merupakan salah satu tanaman bunga. Warna dan bentuk menarik membuat banyak orang menyukai bunga ini.

Selain itu, bunga mawar juga mudah dibudidayakan. Bahkan, tanaman ini bisa diperbanyak dalam air dan ditempatkan di dalam ruangan.

Tanaman mawar yang ditumbuhkan dalam air akan memiliki sifat dan penampilan sama persis seperti tanaman induknya.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (25/11/2023), berikut ini cara menumbuhkan mawar di air agar berbunga cantik

Baca juga: Mudah, Begini Cara Stek Bunga Mawar

Waktu penanaman yang tepat

Ilustrasi tanaman bunga mawar, menanam bunga mawar. SHUTTERSTOCK/ALEXANDER IVCHYK Ilustrasi tanaman bunga mawar, menanam bunga mawar.

Menanam mawar dalam air yang paling tepat yaitu di musim kemarau. Waktu tanam yang tepat bisa mempercepat pertumbuhan bunga ini.

Pemilihan dan pemotongan tanaman induk

Bunga mawar yang akan diperbanyak harus berasal dari tanaman induk yang sehat. Artinya, tanaman hias tersebut tidak terserang hama dan penyakit, serta memiliki pertumbuhan maksimal.

Setelah mendapatkan tanaman hias yang sehat, potong batang mawar sepanjang 10 sampai 15 cm menggunakan pisau yang bersih dan higienis.

Buat potongan tepat di bawah ruas yakni titip menempelkan daun pada batang. Jeping daun bagian bawah, namun biarkan dua atau tiga daun bagian atas tetap utuh. Buang juga semua bunga dan kuncup agar pertumbuhan akar lebih cepat.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Menanam Bunga Mawar? Ini Penjelasannya

Siapkan air hangat dalam stoples

Siapkan juga stoples bersih dan isi setengah bagian dengan air hangat. Kemudian, masukkan potongan mawar dalam stoples tersebut.

Pastikan tidak ada daun yang terendam air karena bisa membuat batang busuk. Lalu, tempatkan stoples di area yang terang dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Ganti air dengan rutin

Cara menumbuhkan mawar di air lainnya yaitu mengganti air dengan rutin setiap tiga sampai lima hari sekali atau saat air mulai terlihat keruh.

Proses penumbuhan akar mawar dalam air memerlukan waktu sekitar tiga atau empat minggu. Namun, pertumbuhan akar mungkin bisa lebih lama tergantung pada varietas yang ditanam.

Ilustrasi bunga mawar merah. PIXABAY/EKREM Ilustrasi bunga mawar merah.

Tanam mawar di dalam tanah

Setelah akar tumbuh, kamu bisa memindahkan mawar ke dalam pot berisi tanah. Dalam pot berisi tanah, buat lubang tanam dan letakkan batang mawar yang sudah memiliki akar sepanjang 5 sampai 10 cm.

Baca juga: 6 Tips agar Bunga Mawar Cepat Mekar

Kemudian, tempatkan bunga mawar di area yang terkena sinar matahari tidak langsung. Di awal pertumbuhan, hindari cahaya panas yang berlebih.

Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, jangan lupa melakukan penyiraman dengan rutin dan pastikan tanaman tidak tergenang.

Itulah cara menumbuhkan mawar di air dengan mudah. Lakukan perawatan dengan rutin agar pertumbuhan bunga mawar maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com