Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2023, 12:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Puppy Toob


JAKARTA, KOMPAS.comAnjing terkenal sebagai hewan yang setia. Anjing yang setia selalu bisa diandalkan, bahkan anjing yang setia sering membantu pekerjaan rumah.

Anjing yang setia juga akan membuat kamu sebagai pemilik merasa bahagia. Namun, kesetiaan anjing perlu dilatih.

Untuk melatih kesetiaan anjing ternyata tidak sulit. Dilansir dari Puppy Toob, Minggu (18/11/2023), berikut ini tips melatih anjing agar setia dengan mudah.

Baca juga: Bikin Gemas, Ini 5 Cara Melatih Anjing Peliharaan Tersenyum

Tujukan pada anjing bahwa kamu merupakan pemimpinnya

Anjing merupakan hewan kawanan yang mengikuti pemimpinnya. Sifat inilah yang perlu kamu perhatikan.

Ilustrasi anjing Cavalier king charles spaniel. Shutterstock/Irina Nedikova Ilustrasi anjing Cavalier king charles spaniel.

Maka dari itu, kamu perlu menunjukkan pada anjing peliharaan bahwa kamu merupakan seorang pemimpin. Dengan demikian, anjing akan secara alami mengikuti petunjuk dan perintah kamu.

Untuk menunjukkan bahwa kamu merupakan pemimpin, kamu bisa mengajak anjing jalan-jalan dan bermain. Cara ini juga bisa membuat hubungan kamu dengan teman bulu terasa lebih dekat dan erat.

Berikan afirmasi positif

Penguatan positif lewat kata-kata maupun tindakan jauh lebih unggul dibandingkan dengan cara kasar seperti menghukum atau mengintimidasi.

Baca juga: Cara Melatih Anjing Doberman agar Tidak Agresif

Hukuman fisik justru bisa menimbulkan rasa takut dan ketidaksukaan anjing pada pemiliknya. Maka dari itu, saat melakukan latihan pastikan untuk tidak memberikan hukuman fisik maupun verbal.

Melatih anjing dengan penuh kesabaran

Tips melatih anjing agar setia lainnya yaitu dengan mengajarkan kesabaran. Misalnya, melakukan latihan pispot, mengajarkan anjing mainan yang boleh digunakan dan tidak, melatih anjing untuk tidak menggigit barang-barang di rumah, dan lain sebagainya.

Dalam mengajarkan kesabaran, kamu perlu konsisten dan tegal. Akan tetapi, jangan bereaksi berlebihan yang dapat membuat anjing takut.

Sapa anjing saat pulang kerja

Biasanya, anjing peliharaan akan menyambut pemiliknya yang baru pulang kerja. Sebaiknya, jangan abaikan sambutan teman bulu.

Baca juga: 3 Cara Melatih Anjing Peliharaan agar Cepat Memahami Perintah

Sebaiknya, kamu bisa memberikan tepukan di kepala atau menyapa anjing peliharaan agar teman bulu merasa dihargai dan disayangi. Cara ini akan membuat anjing lebih setia kepada pemiliknya.

Berikan hadiah pada anjing

Ilustrasi anjing Shih tzu.Shutterstock/Pattarit S Ilustrasi anjing Shih tzu.

Saat mengajari anjing, jangan lupa untuk memberikan camilan yang enak dan sehat. Hadiah ini akan membuat mereka bahagia.

Kamu juga perlu menemani anjing saat mengonsumsi camilan tersebut. Langkah ini akan membuat hubungan kamu dan anjing peliharaan semakin dekat.

Tenangkan anjing saat mereka merasa takut

Anjing sebenarnya hewan yang tidak mudah takut, namun di beberapa kondisi mereka akan merasa ketakutan. Misalnya, saat ada suara guntur, kembang api, atau suara keras lainnya.

Baca juga: Penyebab Anjing Takut Mendengar Suara Vacuum Cleaner

Saat mengetahui anjing peliharaan sedang ketakutan, dekatilah mereka dan tenangkan. Cara ini akan membuat anjing merasa tenang dan dekat dengan kamu.

Itulah beberapa tips melatih anjing agar setia kepada pemiliknya. Latihan dan pendekatan tersebut perlu dilakukan dengan rutin dan perlahan agar anjing tidak merasa tertekan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com