Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Melatih Anjing Peliharaan agar Cepat Memahami Perintah

Kompas.com - 02/08/2022, 16:24 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam manfaat melatih anjing, salah satunya memahami perintah yang diberikan pemiliknya seperi duduk (sit) dan diam (stay).

Perintah ini dapat membuat perilaku sahabat bulu menjadi lebih tenang dan mudah dikontrol, terlebih saat waktu makan. 

Baca juga: Mainan Laser Berbahaya untuk Anjing, Benarkah?

Meski demikian, tidak semua anjing dapat menangkap latihan atau perintah tersebut dengan baik. Ada beberapa anjing peliharaan cukup lambat memahami perintah yang diberikan pemiliknya. 

Situasi ini membuat pemilik anjing mengira bahwa sahabat bulunya tidak bisa diberi tahu. Namun, seorang pelatih anjing, Miller Bisher, mengatakan hal sebaliknya.

Anjing benar-benar ingin belajar. Kebanyakan anjing benar-benar mengikuti pelatihan karena ini memberinya sesuatu,” jelas wanita, yang juga menjabat sebagai Direktur Komunikasi Westminster Kennel Club Dog Show.

Disadur dari Daily Paws, Selasa (2/8/2022), ada beberapa cara melatih anjing peliharaan agar lebih cepat memahami perintah sebagai berikut. 

Baca juga: 5 Ras Anjing Paling Galak di Dunia, Bisa Menyerang dan Gigit

Konsisten dengan perintah

Ilustrasi anjing melompat ke manusia.SHUTTERSTOCK / alexei_tm Ilustrasi anjing melompat ke manusia.

Kamu perlu konsisten dengan perintah yang diucapkan kepada anjing. Untuk perintah dasar, misalnya, ada beberapa yang harus dapat diikuti anjing seperti datang (come), duduk, diam, pispot (potty), jatuhkan (drop it), berbaring (lie down), dan ambil (fetch).

Menurut Bisher, salah satu kesalahan yang umum terjadi adalah setiap anggota keluarga di dalam rumah tidak menggunakan perintah yang sama.

Misalnya, kamu mengajari anjing perintah “down” untuk menyuruhnya turun, sementara orang lain mungkin mengatakan “get off”.

“Ini merupakan sebuah masalah dan sulit diatasi. Perintah terlalu membingungkan sehingga anjing tidak dapat belajar,” jelas Bisher.

Sebelum mulai melatih anjing, pastikan mempelajari istilah yang digunakan untuk setiap perintah dan pastikan semua anggota keluarga mematuhinya. 

Baca juga: 5 Tips Mengajak Anjing Berkumpul dengan Sahabat Bulu Lainnya 

Gunakan sesi pelatihan pendek dan berulang

Ilustrasi anjing bulldog, ilustrasi English bulldog.Unsplash/josuemichelphotography Ilustrasi anjing bulldog, ilustrasi English bulldog.

Bisher mengungkapkan, kebanyakan orang menghabiskan waktu terlalu lama untuk sesi pelatihan.

Padahal, sesi pelatihan terbaik adalah sesi yang pendek, tetapi berulang. Ini berguna untuk mencegah perhatian sahabat bulu teralihkan, merasa bosan, atau kelelahan.

Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com