Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2023, 20:47 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comTikus adalah hama rumah tangga yang merasahkan. Sebab, hama ini bisa menghabiskan bahan makanan yang disimpan di dapur.

Tak hanya itu, tikus juga membuat rumah menjadi bau dan kotor. Maka dari itu, apabila terdapat tikus di rumah, sebaiknya segera dikendalikan.

Salah satu cara mengendalikan tikus di rumah yaitu dengan memasang perangkat. Pada perangkat bisa diletakkan umpan agar kucing mudah tertangkap.

Baca juga: Tips Membuat Perangkap Tikus Sendiri, Pakai Ember

Anda bisa menggunakan makanan tikus sebagai umpan. Dilansir dari Rapid Rodent Removal, Sabtu (4/11/2023), berikut ini beberapa makanan tikus yang cocok untuk dijadikan umpan.

Kacang

Ilustrasi sarang tikus.Freepik/freepik Ilustrasi sarang tikus.

Tikus merupakan salah satu hewan yang senang makan biji-bijian dan kacang-kacangan, maka dari itu kacang bisa digunakan untuk umpan tikus.

Selain kacang utuh, selai kacang juga bisa menjadi umpan tikus. Makanan ini mengandung kalori dan lemak tinggi yang dibutuhkan tikus.

Anda bisa mengoleskan selai kacang atau meletakkan kacang di perangkap tikus. Namun, jangan menggunakan kacang terlalu banyak. Kemudian, letakkan perangkap tersebut di area yang sering dilalui tikus.

Baca juga: Mau Pasang Perangkap Tikus di Rumah? Ketahui 8 Hal Ini Dulu

Cokelat

Selain kacang, cokelat juga merupakan makanan tikus yang cocok untuk menjadi umpan. Sama seperti kacang, cokelat juga makanan yang berkalori tinggi dan disukai kucing.

Anda bisa menggunakan coklat biasa untuk memancing tikus dari sarangnya dan masuk ke perangkap yang sudah disiapkan.

Makanan anjing

Tak hanya mengonsumsi makanan manusia, tikus juga menyukai makanan anjing. Maka dari itu, makanan anjing juga bisa digunakan sebagai umpan tikus.

Makanan hewan ini kaya nutrisi dan bisa menarik perhatian tikus. Selain makanan basah, tikus juga bisa mengonsumsi makanan anjing kering.

Baca juga: 8 Tips Mengendalikan Tikus, Kecoak, Lalat dan Semut di Dapur

Permen karet dan marshmallow

Makanan manis seperti permen karet dan marshmallow juga bisa dimanfaatkan sebagai umpan tikus. Kandungan gula yang tinggi membuat tikus tertarik memakan umpan ini.

Anda bisa meletakkan permen atau marshmallow pada perangkat tikus dan biarkan tikus terperangkap dalam alat tersebut.

Ilustrasi makanan untuk perangkap tikusUnsplash Ilustrasi makanan untuk perangkap tikus

Daging

Makanan tikus lainnya yang bisa digunakan sebagai umpan yaitu daging, baik daging mentah maupun matang.

Aroma menyengat akan membuat tikus keluar dari persembunyiannya.

Namun, masalah utama dari penggunaan daging sebagai umpan yaitu mudah rusak akibat suhu ruang. Oleh karena itu, umpan dari daging perlu rutin diganti.

Baca juga: Apakah Benar Keju Ampuh Sebagai Umpan Perangkap Tikus? Ini Jawabannya

Keju

Keju juga bisa dimanfaatkan sebagai umpan tikus. Sebaiknya gunakan keju yang lunak. Jenis keju seperti camembert, brie, dan keju biru bisa digunakan sebagai umpan tikus karena aromanya cukup kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com