Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Waktu Terbaik dan Cara Menanam Pakis di Kebun

Kompas.com - 04/11/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakis atau fern merupakan tanaman hias eksotis yang cukup banyak diminati. Ditambah, beberapa tanaman pakis bisa dikonsumsi atau diolah menjadi sayuran, seperti Pteridium aquilinum (bracken) dan pakis royal (Osmunda regalis)

Tanaman pakis memiliki beraneka ragam bentuk yang menawan dan tumbuh menjuntai sehingga bisa menanamnya dalam pot gantung atau meletakkannya di tempat tinggi. 

Baca juga: Daun Pakis Boston Berubah Warna Jadi Coklat? 5 Alasan dan Solusinya

Tanaman pakis juga dapat menambah kesegaran di rumah dan memberi kesan eksotis. Selain itu, tanaman serbaguna ini dapat menambah tekstur, bentuk, dan gerakan ke berbagai area di taman. 

Pilih varietas pakis yang selalu hijau dan gugur untuk menambah daya tarik di taman dan rumah. Tanaman pakis juga mudah tumbuh, berumur panjang, dan cukup bebas masalah. Perawatan tanaman pakis juga tidak sulit dan dapat hidup dalam waktu lama.

Kapan menanam pakis

Ilustrasi tanaman hias pakis sarang burung (Asplenium nidus).SHUTTERSTOCK/ELZLOY Ilustrasi tanaman hias pakis sarang burung (Asplenium nidus).
Tanaman pakis dapat ditanam sepanjang tahun selama tanahnya tidak membeku atau tergenang air dan tidak terlalu berangin.

Namun, waktu terbaik menanam pakis di taman adalah pada musim semi atau musim gugur untuk memberi tanaman waktu menyesuaikan diri sebelum panas atau dingin yang ekstrem.

Musim gugur adalah waktu terbaik menanam pakis di posisi yang lebih kering karena memungkinkan akarnya tumbuh selama musim dingin dan musim semi dan pakis akan tumbuh lebih baik pada musim panas. 

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman Pakis untuk Mempercantik Ruangan, Bentuknya Unik

Alih-alih menghasilkan biji atau bunga, tanaman pakis berkembang biak melalui spora, yang ditemukan dalam selubung (sporangia) dan dikelompokkan menjadi tandan (sori) di bagian bawah pelepahnya, yang terbentang dari kuncup yang melingkar.

Pakis adalah tanaman tahunan, beberapa mati pada musim dingin, sementara yang lain adalah tanaman yang selalu hijau. 

Hardy ferns atau pakis yang tahan banting, yang sebagian besar tersedia untuk dibeli, dapat tetap berada di luar sepanjang tahun tanpa perlindungan embun beku sehingga merupakan tambahan sangat baik untuk ide taman musim dingin.

Varietas setengah kuat, seperti pakis pohon, dapat tumbuh di luar sepanjang tahun di daerah sejuk atau di tempat yang terlindung, dengan perlindungan musim dingin tambahan, seperti jerami atau bulu domba.

Pakis dalam pot tersedia sepanjang tahun untuk dibeli dari pusat taman, pembibitan spesialis, dan online, serta menjadi salah satu tanaman terbaik dalam pot sepanjang tahun, tetapi periksa labelnya untuk melihat apakah pakis itu kuat, setengah kuat, atau lunak.

Jika memiliki varietas yang setengah kuat atau lunak, Anda perlu mengetahui cara melindungi tanaman dari embun beku. Tanaman pakis paling baik ditanam di dalam pot sehingga Anda bisa membawanya ke dalam ruangan. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Cara Merawat Tanaman Pakis di Dalam Ruangan 

Tempat terbaik menanam pakis 

Ilustrasi tanaman pakis tanduk rusa. SHUTTERSTOCK/GALEH NUR WIHANTARA Ilustrasi tanaman pakis tanduk rusa.
Tanaman pakis dihargai karena dedaunannya yang berumur panjang dan dapat tumbuh di seluruh dunia di setiap iklim, bahkan ada varietas yang cocok untuk setiap zona tahan banting.

Saat mempertimbangkan tempat menanam pakis, sebagian besar tanaman menyukai kondisi teduh, lembap, tetapi dikeringkan dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com