Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Putih di Baju Hitam, Bisa Pakai Jus Lemon

Kompas.com - 31/10/2023, 13:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Noda putih pada baju hitam akam membuat pakaian terlihat kurang menarik. Noda berwarna putih di baju gelap akan terlihat dengan jelas dan biasanya akan terlihat setelah pakaian kering.

Noda putih bisa disebabkan oleh penggunaan deodoran, residu detergen, hingga residu air. Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut akan mengerak dan sulit untuk dihilangkan.

Untuk membersihkan noda putih di baju hitam, Anda bisa menggunakan bahan pembersih yang ada di rumah. Dilansir dari In The Wash, Selasa (31/10/2023), berikut ini cara menghilangkan noda putih di baju hitam dengan mudah.

Baca juga: 5 Penyebab Baju Terkena Noda Putih Setelah Dicuci

Membersihkan noda putih dengan jus lemon dan air

Ilustrasi menghilangkan noda di pakaian hitamShutterstock/pumatokoh Ilustrasi menghilangkan noda di pakaian hitam

Salah satu bahan pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan noda putih di baju hitam yaitu jus lemon dan air. Sebelum digunakan untuk membersihkan noda, jus lemon dan air perlu dicampurkan terlebih dahulu dengan perbandingan yang sama.

Kemudian, tuangkan ke pakaian yang bernoda dan biarkan pakaian kering di bawah sinar matahari selama kurang lebih satu jam.

Efek putih alami dari jus lemon ditambah dengan sinar matahari akan membantu menghilangkan noda pada pakaian tersebut. Setelah itu, pakaian perlu dibilas kembali dengan air bersih dan dicuci seperti biasa.

Cara menghilangkan noda putih menggunakan cuka

Selain menggunakan jus lemon dan air, bahan pembersih yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda putih yaitu cuka. Bahan pembersih ini dapat digunakan pada pakaian putih maupun hitam.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Hitam agar Warnanya Tidak Memudar

Akan tetapi, disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Cara menghilangkan noda putih menggunakan bahan pembersih ini diawali dengan mengisi piring dengan cuka putih.

Kemudian rendam noda putih dalam cuka putih selama kurang lebih satu jam. Gunakan sikat gigi untuk menyikat noda dengan lembut.

Sikat selama beberapa menit. Lalu, cuci baju menggunakan detergen, bilas sampai bersih, dan keringkan.

Cara menghilangkan noda putih di baju hitam pakai soda bikarbonat

Noda putih di baju hitam juga bisa dibersihkan menggunakan soda bikarbonat. Caranya dengan campurkan soda bikarbonat dan air dalam mangkuk sampai membentuk pasta.

Kemudian, oleskan pasta tersebut ke area yang bernoda. Tunggu selama dua jam atau sampai noda hilang. Selanjutnya, bilas sampai bersih dan cuci seperti biasa.

Baca juga: 3 Bahan yang Ampuh Menghilangkan Noda Keringat pada Pakaian Hitam

Gunakan campuran cuka dan soda bikarbonat

Selain dicampurkan dengan air, soda bikarbonat juga bisa dicampurkan dengan cuka. Campuran kedua bahan ini bisa menghilangkan noda putih di baju putih.

Caranya dengan mengoleskan pasti dari cuka dan soda bikarbonat ke area noda putih. Kemudian tunggu setengah jam atau lebih lama untuk noda yang membandel.

Ilustrasi mencuci baju hitamShutterstock/Africa Studio Ilustrasi mencuci baju hitam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com