Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika asyik menyeruput kopi, terkadang tanpa sengaja minuman tumpah mengenai pakaian dan meninggalkan noda kopi

Noda kopi biasanya berwarna coklat muda dan bisa membuat pakaian tampak buruk atau tidak enak dipandang.

Sayangnya, terkadang noda kopi sangat sulit dihilangkan dari pakaian. Beruntung dengan perawatan tepat dan panduan pembersihan yang baik, noda kopi dapat dihilangkan dari pakaian.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kopi pada Pakaian dengan Bahan Rumah Tangga

Namun, untuk bahan halus, seperti sutra, mungkin memerlukan pembersihan profesional. Sebelum menghilangkan noda kopi dari pakaian, disarankan melihat label pada pakaian. 

Nah, dilansir dari Rhythm of the Home, Minggu (28/5/2023), berikut cara membersihkan noda kopi dari pakaian apa pun.

Tepuk-tepuk noda

Ilustrasi noda kopi pada pakaian, ilustrasi pakaian kotor.SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot Ilustrasi noda kopi pada pakaian, ilustrasi pakaian kotor.
Untuk noda kopi yang masih baru, langkah pertama adalah mendapatkan bahan penyerap yang kuat. Tisu dapur akan bekerja baik menghilangkan kelebihan cairan dari tumpahan kopi serta membuat tugas pembersihan menjadi lebih mudah. 

Jika bertindak cepat, Anda dapat menghilangkan banyak bahan kimia dari noda kopi. Bahan-bahan itulah yang memberikan warna coklat muda yang khas. 

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Noda Kopi pada Karpet dengan Bahan Alami

Bilas dengan air dingin

Ketika berbicara tentang noda pada pakaian, air dingin harus menjadi pilihan pertama, termasuk tumpahan kopi. Sebab, pembilasan cepat dengan air dingin akan memudahkan menghilangkan noda kopi dari pakaian.

Biarkan air mengalir di atas noda kopi selama beberapa menit dan cobalah menggosok noda dengan lembut jika Anda harus menangani noda yang sangat membandel.

Noda yang lebih baru seharusnya akan hilang jika Anda gigih dengan langkah ini. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi dan Teh pada Botol Termos Stainless Steel

Tambahkan detergen 

Ilustrasi noda kopi.Shutterstock/C.Aphirak Ilustrasi noda kopi.
Noda kopi yang membandel membutuhkan perawatan dengan detergen. Tempatkan sedikit detergen cair pada permukaan tumpahan yang basah.

Setelah memastikan detergen mencapai seluruh area noda, diamkan pakaian selama beberapa menit. Namun, untuk noda kopi yang sudah lama, mungkin memerlukan waktu tunggu lebih lama.

Periksa noda kopi setelah lima menit untuk melihat apakah noda tersebut dapat dilonggarkan dengan tangan. Jangan lupa membilas noda kopi dengan air dingin setelah detergen selesai bekerja. 

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian dengan Cuka

Gunakan cuka

Jika detergen tidak terlalu efektif, masih ada cara membersihkan noda kopi dari pakaian yang bisa dicoba. Dengan menggunakan campuran cuka khusus, Anda dapat menghilangkan noda kopi dari pakaian. 

Tambahkan cuka dan air dengan perbandingan sama dan sedikit detergen bubuk untuk membuat pasta pembersih yang kuat.

Sebelum mencoba menggunakan campuran tersebut pada noda kopi, penting mengujinya apakah ada perubahan warna. Uji pada kain yang tersembunyi dari pandangan. 

Jika campuran tersebut lolos uji, Anda bisa melanjutkan dan mengatasi noda kopi yang membandel.

Untuk meningkatkan efektivitas, cobalah menggunakan sikat gigi untuk menggosok guna menghilangkan noda kopi dari pakaian secara lebih menyeluruh.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com