Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahan yang Ampuh Menghilangkan Noda Keringat pada Pakaian Hitam

Kompas.com - 21/05/2021, 17:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda keringat yang tertinggal di pakaian hitam akan membuat tampilan tidak enak dipandang. Bahkan, bau tidak sedap dari noda tersebut tidak selalu dapat dihilangkan dengan baik.

Dilansir dari Hunker, Jumat (21/5/2021), awalnya keringat bersifat asam dan bisa dihilangkan dengan segera mencuci pakaian. Akan tetapi, noda keringat tidak akan bisa hilang jika tidak segera dibersihkan. 

Baca juga: 6 Bahan Alami untuk Membersihkan Pakaian, Apa Saja?

Sebab, noda akan mengering dan berbuah dari asam menjadi basa. Pada kebanyakan kasus, noda ini membentuk noda kuning atau hijau dengan tekstur keras.

Namun, tidak perlu khawatir, karena Anda masih dapat membersihkan noda keringat menggunakan bahan-bahan di bawah ini. 

Baca juga: Tips Cerdas Menjaga Lemari Pakaian Anak Tetap Rapi

Oleskan detergen cair 

Detergen cair dapat menghilangkan noda keringat pada pakaian jika digunakan secara tepat. Untuk mengaplikasikannya, oleskan detergen cair langsung ke pakaian yang terkena noda keringat, kemudian gosokkan detergen dengan lembut ke noda dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa.  

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian

Campuran Cuka

Cuka memiliki kemampuan menghilangkan noda serta bau tak sedap. Untuk menghilangkan noda keringat ini, campurkan satu sendok makan cuka dengan setengah cangkir air, celupkan spons ke dalam campuran dan oleskan ke pakaian yang terkena noda keringat.

Kemudian, cuci pakaian dengan detergen dan bilas hingga bersih. Dengan cara ini, akan mengembalikan warna pakaian seperti semula dan menghilangkan bau yang tak sedap.  

Baca juga: Mencuci Pakaian Sebaiknya Pakai Air Dingin, Ini Alasannya

Gunakan Baking Soda

Baking soda atau soda kue menjadi bahan alami pembersih yang sering digunakan, terutama pada pakaian yang bermasalah. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta.

Kemudian, oleskan pasta ke area yang terkena noda keringat dan biarkan selama 20 menit. Setelahnya, bersihkan pakaian menggunakan detergen seperti biasa dan bilas hingga bersih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com