Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Tanaman Philodendron yang Dapat Mempercantik Rumah

Kompas.com - 30/10/2023, 14:54 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Philodendron adalah tanaman hias yang berasal dari famili Araceae, . dan menjadi populer populer karena memiliki daun yang besar berbentuk hati dan indha. 

Tanaman hias philodendron dikenal dengan daunnya kemampuannya merambat. Namun, tetap dapat tumbuh sebagai tanaman yang menempel atau berdiri tegak. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini 5 Perbedaan Tanaman Pothos dan Philodendron

Philodendron tersedia dalam berbagai warna, tekstur, dan ukuran sehingga dapat menjadi tambahan indah untuk dekorasi di dalam rumah.

Selain itu, philodendron termasuk tanaman hias yang mudah dirawat sehingga cocok untuk pemula. Ada ratusan jenis philodendron dengan karakteristiknya masing-masing. 

Dilansir dari Living Etc, Senin (30/10/2023), berikut lima jenis tanaman philodendron yang dapat mempercantik rumah dan minim perawatan.  

Baca juga: 8 Varietas Philodendron yang Cocok Jadi Tanaman Hias di Rumah

Philodendron brandtianum

Ilustrasi tanaman philodendron brandtianum. Shutterstock/Firn Ilustrasi tanaman philodendron brandtianum.
Philodendron brandtianum adalah tanaman hias yang merambat dan berasal dari Amerika Selatan. Jenis tanaman philodendron ini dikenal dengan keindahan akan dedaunannya yang halus, berbentuk hati, dan meluncur dengan anggun di sepanjang tanaman merambat yang ramping.

Saat merawatnya di rumah, philodendron brandtianum harus ditata dengan benar dan penuh niat. Semakin terang cahayanya, semakin besar daunnya, tetapi hindari sinar matahari langsung. Jangan lupa menyiram tanaman philodendron brandtianum secara mendalam setelah bagian atas tanah kering.

Anda dapat menatanya di pot gantung atau ditanam secara vertikal di floor planter yang ditopang tiang kayu atau berlumut. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berdaun Pink, Salah Satunya Philodendron

Philodendron melanochrysum

Ilustrasi tanaman hias Philodendron Melanochrysum.SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias Philodendron Melanochrysum.

Selanjutnya, jenis tanaman philodendron yang dapat mempercantik rumah dan minim perawatan adalah philodendron melanochrysum.

Ini adalah tanaman hias yang populer karena daunnya berwarna hijau tua dan berbentuk hati. Daunnya yang halus dan lembut menyerupai beludru, membuat philodendron brandtianum menjadi pilihan elegan untuk menghiasi rumah.

Jauhkan jenis tanaman philodendron ini dari sinar matahari langsung dari jendela yang menghadap ke selatan dan barat karena dapat membakar daun serta membunuh tanaman seiring waktu.

Saat bagian atas tanah kering, sirami tanaman dengan air hangat sampai limpasan keluar dari lubang drainase pot. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Cantik yang Tampilannya Mirip Philodendron Birkin

Philodendron erubescens

Philodendron erubescens (Pink princess) merupakan tanaman kultivar. Artinya, merupakan hibrida yang dibuat di laboratorium, jadi Anda tidak akan menemukan philodendron ini di alam liar.

Untuk memastikan warna daunnya merah muda cerah, pertahankan tingkat cahaya terang dengan menempatkan tanaman di jendela atau menggunakan lampu tumbuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com