Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Mesin Pencuci Piring dan Mesin Cuci

Kompas.com - 30/10/2023, 10:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Weekand

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah menjadi tugas pembersihan rutin yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, melewatkan waktu pembersihan atau area tertentu, semakin membuat rumah kotor dan sulit membersihkannya.

Sayangnya, banyak pemilik rumah menghindari membersihkan rumah, terlebih secara menyeluruh, karena pekerjaan ini sangat melelahkan. 

Baca juga: 7 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Rumah, Hilangkan Noda dan Bau

Sarah McAllister, pendiri, Direktur, dan CEO GoCleanCo, mengatakan trik membersihkan rumah adalah menangani satu ruangan setiap hari.

"Mulailah dari satu ruangan dan tetaplah di sana. Saya suka memilih ruangan paling besar terlebih dahulu. Setelah itu bersih, semua yang lain akan menjadi mudah," ucapnya. 

Menurut McAllister, ada dua peralatan rumah tangga yang harus dibersihkan secara teratur lantaran menumpuk kotoran dan debu, tapi sering terabaikan, yakni mesin pencuci piring dan mesin cuci

Jamur dapat menumpuk di mesin pencuci piring dan mesin cuci serta minyak dapat menumpuk di ventilasi. Hal ini tidak hanya menjijikkan, tapi juga mengurangi masa pakai peralatan. "Semuanya harus dibersihkan sebulan sekali," ujar McAllister.

Dilansir dari Weekand, Senin (30/10/2023), berikut cara membersihkan mesin pencuci piring dan mesin cuci. 

Baca juga: 7 Manfaat Vodka untuk Membersihkan Rumah

Cara membersihkan filter mesin pencuci piring 

Ilustrasi membersihkan mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan mesin pencuci piring atau dishwasher.
Ada beberapa bagian dari peralatan mesin pencuci piring yang perlu dibersihkan, jangan sampai tersumbat kotoran.

Mesin pencuci piring yang mengeluarkan bau tak sedap menandakan filternya penuh dengan makanan lama dan partikel kotoran. Berikut cara membersihkannya.

1. Lepaskan rak bawah, lalu lepaskan layar di bagian bawah mesin pencuci piring. Beberapa mesin pencuci piring tidak memiliki penyaring yang dapat dilepas.

Jika demikian, langsung saja ke langkah ketiga. Periksa buku panduan pemilik jika Anda tidak yakin dengan model spesifik Anda).

2. Lalu gosok dengan sikat.

3. Gunakan pemutih untuk membasmi kuman dan bakteri.

4. Saatnya memasang kembali filter mesin pencuci piring. Kencangkan dengan baik untuk memastikannya tidak lepas selama siklus pencucian.

5. Tuangkan 236 mililiter pemutih ke bagian bawah mesin pencuci piring dan jalankan siklus terpanjang dan terpanas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com