Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2023, 13:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Petco,Dutch

JAKARTA, KOMPAS.comRoti merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Maka dari itu, banyak orang mengonsumsi roti sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Bagi pemilik kucing, terkadang kita berkeinginan untuk memberikan makanan yang kita konsumsi pada kucing kesayangan. Tak terkecuali saat sedang mengonsumsi roti.

Namun, bolehkah kucing makan roti? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Telur Mentah? Ini Penjelasannya

Apakah kucing boleh makan roti?

Dilansir dari Petco, Minggu (29/10/2023), perlu dipahami bahwa kucing merupakan hewan karnivora obligat. Artinya, kebutuhan nutrisinya akan terpenuhi dari produk hewani.

Kucing makan rotiShutterstock/Sameera Jayasekara Kucing makan roti

Sementara itu, roti merupakan makanan yang terbuat dari tumbuhan, baik dari terigu, beras, maupun gandum. Maka dari itu, memberikan roti ke kucing tidak memberikan manfaat apapun.

Meski demikian, Anda tetap bisa memberikan roti ke kucing. Hanya saja, jumlahnya tidak boleh berlebihan dan tidak boleh terlalu sering.

Ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan sebelum memberikan roti ke kucing. Pertama, kondisi kucing berbeda-beda.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi? Ini Penjelasan Selengkapnya

Terdapat kucing yang tidak mengalami masalah saat mengonsumsi roti, namun ada juga kucing mengalami gangguan pencernaan ketika makan roti. Beberapa gangguan pencernaan yang biasanya dialami kucing setelah makan roti yaitu diare, sembelit, dan muntah.

Apabila kucing Anda mengalami masalah tersebut setelah makan roti, maka hentikan pemberian roti ke kucing. Selain itu, apabila kucing memiliki gangguan kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit ginjal, maka jangan berikan roti.

Kedua, perhatikan kandungan dalam roti. Jangan berikan roti yang mengandung bahan atau rasa khusus ke kucing.

Bahan-bahan tersebut antara lain; bawang bombay, bawang putih, daun bawang, coklat, kismis, dan bahan makanan lain yang berisiko beracun bagi kucing. Selain itu, kucing juga jangan sampai memakan roti kacang karena kacang bisa beracun pada kucing.

Bahan lain yang juga harus dihindari yaitu xylitol dan pemanis. Aturan tersebut membuat Anda harus teliti dalam melihat komposisi roti sebelum diberikan ke kucing.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Ayam? Simak Penjelasan Ahli

Ketiga, jangan berikan roti mentah yang mengandung ragi. Sebab, menurut para ahli ragi bisa menyebabkan penumpukan gas di sistem pencernaan kucing.

Akibatnya, kucing bisa merasa kembung, melilit, dan menyebabkan gangguan pencernaan lainnya. Tak jarang kucing juga akan mengalami penurunan koordinasi, kesulitan bernapas, koma, hingga kematian.

Cara memberikan roti ke kucing

Kucing sedang makan rotiShutterstock/bellena Kucing sedang makan roti

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com